Home » Tanaman » Simak Dulu 3 Tips Ini Sebelum Belanja Aneka Peralatan Berkebun

Simak Dulu 3 Tips Ini Sebelum Belanja Aneka Peralatan Berkebun

Bagi yang hobi berkebun baik tentunya akan membutuhkan beberapa peralatan berkebun untuk mendukung hobi tersebut. Hobi berkebun tidak sebatas pada tanaman ladang seperti rempah ataupun palawija melainkan juga untuk tanaman hias. Bagi yang tinggal di kawasan perkotaan tentunya lebih akrab dengan kegiatan berkebun tanaman hias untuk mempercantik huniannya. Minimnya lahan bukanlah batasan karena dengan peralatan yang tepat Anda bisa mencoba teknik menanam di pot sampai hidroponik yang ramah di lahan yang terbatas.

Simak Dulu 3 Tips Ini Sebelum Belanja Aneka Peralatan Berkebun

Tips Belanja Peralatan untuk Berkebun

Tertarik untuk menikmati kegiatan berkebun dengan nyaman dan menyenangkan maka perlu didampingi peralatan yang tepat. Berhubung jenisnya banyak maka simak tips berikut ini dulu sebelum membelinya:

  • Memilih yang sesuai kebutuhan,

Jenis dari peralatan untuk berkebun ini memang banyak mulai dari skop tangan, penggembur tanah, penyemprot, sampai sarung tangan dan juga gunting pruning. Sebaiknya tidak buru-buru membeli semua daftar tersebut melainkan menyaring yang memang sesuai kebutuhan. Sebab untuk penikmat hidroponik tentunya tidak butuh sekop tanah. Kalau tidak kenal kebutuhan nantinya malah membeli peralatan yang dijamin tidak akan digunakan, sayang uang dan peralatan itu sendiri.

  • Baiknya cari yang awet,

Saat sudah mengetahui apa saja daftar peralatan berkebun yang dibutuhkan barulah Anda mencari tempat untuk berbelanja. Pilihannya bisa ke pasar, toko khusus peralatan untuk berkebun, atau bisa juga ke mall besar. Beda tempat belanjanya beda pula pilihan kualitas sampai kisaran harganya namun yang pasti kunjungi tempat yang dianggap paling baik dan paling mudah dijangkau. Kemudian pilih produk yang memang awet misal karena terbuat dari material berkualitas sehingga tidak perlu membelinya berulang kali karena mudah rusak.

  • Tentukan harga sesuai jangkauan,

Pada saat mengunjungi tempat belanja yang menyediakan kebutuhan satu ini maka besar kemungkinan tersedia beberapa pilihan. Misalnya saja untuk sarung tangan berkebun yang bisa jadi ada yang murah di harga belasan ribu namun ada yang sampai ratusan ribu. Semakin mahal memang kualitasnya semakin baik namun kembali ke kondisi kantong Anda sendiri apakah sesuai atau tidak. Jadi, silahkan bijak menentukan harga dengan menyesuaikan kondisi finansial yang dimiliki sehingga bisa terbeli dan tidak mengganggu kebutuhan lainnya.

Saat berkebun memang tidak nyaman jika mengandalkan tangan kosong, apalagi semua tanaman butuh perawatan. Tidak cukup hanya menanam tanaman yang dipilih dengan baik di lahan ataupun pot terbaik saja melainkan perlu diberi pupuk, entah pupuk tabur maupun semprot. Sebagian besar tanaman juga perlu di pruning atau dipangkas daunnya secara berkala untuk merangsang pertumbuhan bunga maupun buah menjadi lebih sehat. Jadi Anda dipastikan butuh peralatan berkebun yang memadahi dan sebelum berbelanja perhatikan dulu beberapa tips di atas.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *