Home » Koleksi Barang » Simak 4 Tips Berikut untuk Lebih Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional

Simak 4 Tips Berikut untuk Lebih Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional

Anak muda zaman sekarang mulai kesulitan untuk mengenal berbagai jenis alat musik tradisional padahal bangsa Indonesia punya puluhan. Jangankan mengetahui semuanya dan berasal dari daerah mana, mengetahui alat musik khas daerahnya sendiri saja masih kesulitan. Mengapa demikian? Alasannya beragam, salah satunya mulai hilang atau berkurangnya penggunaan alat musik khas tersebut karena pengrajin yang sulit ditemui. Terlebih untuk wilayah perkotaan tentunya urban membuat alat musik khas daerah ini semakin mudah terlupakan. Beruntung beberapa orang memiliki ketertarikan untuk belajar dan mengenalnya lalu membentuk komunitas.

Tips Mengenal Beragam Jenis Alat Musik Khas Daerah

Dilihat dari jenis tentu memang sangat banyak, dan cara memainkannya jelas satu sama lain akan berbeda maka untuk belajar dijamin butuh proses. Supaya lebih mudah mengenal nama dan bentuk fisik dari alat musik daerah ini maka simak beberapa tips berikut:

  • Mencari dari literatur sejarah,

Cara termudah adalah belajar literatur yang memuat sejarah dan membahas mengenai alat musik daerah yang sifatnya memang tradisional. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mempermudah pencarian literatur yang mendukung, dan dengan mudah akan menemukan ulasannya.

  • Mencoba mengunjungi daerah pedesaan,

Masyarakat perkotaan memang rentan tidak lagi mengenal berbagai jenis alat musik tradisional karena dianggap kolot dan hasil nada yang kurang atraktif. Maka masuknya alat musik modern yang bahkan sudah elektrik membuat alat musik khas ini tergeser. Anda tentu perlu mencoba mencari ilmu mengenai alat musik daerah dengan mengunjungi kawasan pedesaan. Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai pusat kebudayaan dan masih mempertahankan penggunaan alat musik khas. Anda bisa berkunjung dan mengenalnya secara langsung, misalnya di Solo, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

  • Pahami seni budaya yang memakai alat musik tersebut,

Belajar untuk mengenal bermacam-macam alat musik daerah bisa dilakukan dengan mencoba memahami seni budaya. Beberapa kesenian masih bertahan sampai sekarang dan tentunya bisa menjadi referensi mengenal alat musik khas tersebut. Sebagai contoh Anda bisa datang ke Bali, dimana tarian tradisional diiringi gamelan tradisional dan khas Bali terus menggema di berbagai pentas seni. Mulailah belajar dari sana dan Anda akan mengenal lebih banyak alat musik daerah setelahnya.

  • Bergabung dengan komunitas khusus,

Mempermudah keinginan Anda untuk mengenal atau malah mempelajari cara memainkan alat musik daerah. Maka bisa mencoba bergabung dalam salah satu komunitas yang sesuai, dijamin akan mudah menjumpainya. Anda bisa bertukar berbagai informasi mengenai alat musik khas ini dan semakin banyak tahu dan bisa pula mengerti cara memainkannya. Kini banyak alat musik daerah yang justru dikenal masyarakat dunia, tentu mencoba mempelajari alat musik tradisional ini tidak lagi terkesan kolot dan ketinggalan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *