Home » Hobi Menyehatkan » Simak 4 Tips Aman Olahraga Surfing Berikut Agar Tidak Gagap

Simak 4 Tips Aman Olahraga Surfing Berikut Agar Tidak Gagap

Simak 4 Tips Aman Olahraga Surfing Berikut Agar Tidak Gagap

Sebelum belajar surfing atau berselancar tentunya Anda akan melakukan satu dan lain hal sebagai bentuk persiapan. Sebab bagaimanapun berselancar termasuk olahraga air yang ekstrim dan resikonya terbilang tinggi terutama bagi pemula. Akan tetapi justru disinilah daya tariknya meski resikonya besar namun pecintanya sangat banyak, sebab sekali mencoba akan ketagihan. Sebagai olahraga memacu adrenalin tentunya tidak bisa dinikmati sembarangan ada serangkaian teknik yang perlu diketahui dan dilatih secara terus-menerus untuk siap terjun ke medan selancar yang menantang.

 

Tips Aman Saat Berselancar

 

bagi kalangan pemula tentu tantangan yang dihadapi lebih tinggi karena belum terlalu lihai mengendalikan papan selancar. Sekaligus belum terlalu paham bagaimana menebak pergerakan ombak di pantai, namun tidak perlu mengasah kemampuan menjadi peramal. Lakukan saja beberapa tips aman berikut:

 

Pahami dulu cara mengendalikan rasa takut,

Rasa takut dijamin akan muncul dalam kadar berlebih kalau baru pertama kali menikmati olahraga ekstrim ini. akan tetapi tantangan pertamanya memang mengendalikan rasa takut ini, baiknya cari tahu bagaimana mengontrol ketakutan dalam diri Anda. Apakah dengan meditasi, berpikir positif, tertawa kencang, atau lainnya?

Baca Juga : Cara Tepat untuk Melakukan Surfing yang Aman Bagi Pemula

Mengenal papan selancar dengan baik,

Papan selancar merupakan modal utama untuk bisa menikmati olahraga surfing tersebut, namun ada tantangan untuk menaklukkannya. Kalau ilmunya belum paham bisa jadi papan ini akan menimpa tubuh Anda di dalam air karena terbalik oleh banyak faktor. Kenali bagian-bagian pada papan tersebut kemudian pelajari bagaimana mengendalikannya supaya bisa merubah posisi duduk menjadi berdiri saat menerjang ombak. Pelajari pelan-pelan, tidak perlu terburu-buru supaya tekniknya sesuai dan terjamin aman.

 

Ikuti dulu latihan yang sifatnya resmi,

Karena menyadari Anda adalah kalangan pemula maka jangan asal memboyong papan selancar ke tengah lautan. Sebab ada banyak teknik dasar sampai ahli yang perlu dipelajari secara bertahap, modal nekat tanpa ilmu tentu berbahaya. Awam boleh namun bodoh jangan, jadi usahakan latihan dulu di bawah bimbingan instruktur berpengalaman. Cara ini akan membantu Anda lebih ahli dalam memahami teknik terbaik berselancar supaya aman dan terasa muda. instruktur ini biasanya ada di pantai yang sering dituju untuk berselancar.

 

Paham jenis pakaian terbaik yang harus digunakan,

Olahraga air dengan papan ini ternyata tidak memiliki perangkat keselamatan, misalnya seperti pada motor cross yang harus memakai helm. Pada olahraga ini tidak membuat Anda memakai perangkat keselamatan apapun maka usahakan untuk teliti dalam belajar teknik berselancar. Kemudian perhatikan pakaian yang Anda pakai, khusus untuk pemula lebih dianjurkan memakai baju renang. Sehingga tahan air untuk membantu tubuh tetap hangat sekaligus mudah bergerak saat berhadapan dengan ombak, pakaian termasuk perlengkapan wajib dalam surfing demi keamanan Anda.

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *