Home » Hobi ekstrim » Seputar Olahraga Panjat Tebing

Seputar Olahraga Panjat Tebing

Panjat tebing atau istilah asingnya Rock Climbing adalah salah satu olahraga yang dilakukan di alam bebas. Olahraga ini tidak dilakukan dengan cara jalan kaki ayau berlari melainkan harus menggunakan peralatan khusus dan teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Umumnya panjat tebing dilakukan di daerah yang memiliki kontur bebatuan (tebing) dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat lebih atau yang memiliki tingkat kesulitan tertentu.

Olahraga ini memerlukan/ mengutamakan kelenturan, kekuatan, daya tahan tubuh, kecerdikan, keterampilan, pengalaman setiap individu untuk mensiasati agar bisa melewati tebing itu. Selain itu olahraga ini membutuhkan kerja sama tiem yang baik.

Sistem Pemanjatan

Ada dua jenis sistem pemanjatan, yaitu: alpine tactics dan Himalayan tactics. Berikut penjelasannya:

  • Alpine Tactics adalah sistem pemanjatan yang bertujuan mencapai puncak dengan membawa perlengapan dan peralatan memanjat. Biasanya pemanjat bermalam diatas tebing atau flying camp tanpa kembali lagi ke shelter induk. Bisanya pda sistem ini pemanjat harus memiliki kemampuan khusus penguasaan teknik pemanjatan karena resikonya sangat tinggi.
  • Himalayan Tactics adalah sistem pemanjatan yang dilakukan secara bertahap sehingga untuk mencapai puncak tidak harus membawa seluruh perlengkapan dan peralatan karena pemanjat kembali ke shelter induk.

    Baca Juga:Peralatan Panjat Tebing Dan Fungsinya

Teknik Memanjat

Ada 4 teknik memanjat yang harus diketahui dan dikuasai, yaitu:

  • Free climbing adalah teknik memanjat yang menggunakan keterampilan tangan dan kaki. Peralatan yang digunakan hanya bertujuan untuk menjaga keamanan pemanjat bila jatuh dan tidak digunakan utnuk menambah ketinggian. Biasanya teknik ini digunakan pada waktu kompetisi atau lomba.
  • Bouldering adalah teknik manjat yang dilakukan di tebing-tebing yang pendek dan dilakukan secara rutin. Biasanya teknik ini dilakukan untuk melatih kemampuan pemanjat.
  • Soloing adalah teknik memanjat yang dilakukan baik ditebing pendek maupun tinggi tanpa menggunakan peralatan.
  • Aid atau artificial climbing adalah teknik memanjat yang menggunakan langsung peralatan untuk menambah ketinggian pemanjatannya. Biasanya teknik ini digunakan untuk membuat jalur baru.

Peralatan Memanjat

Melakukan olahraga ini membutuhkan peralatan khusus. Peralatan memanjat wajib digunakan saat memanjat, karena menyangkut keselamatan dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa jenis peralatan yang biasanya digunakan untuk panjat tebing adalah :

tali caramel, carabiner, harnes, slink slink, raner, sepatu panjat khusus, webbing, piton, chook, figure of eight, glops, helmet, chalk bag, stik plan, rock bandering, dsicander, pulley, hammer, tangga tali atau eterier dan sky hook.

Peralatan memanjat memang tidak sedikit, dan harganyapun tergolong mahal. Peralatanperalatan tersebut wajib diperhatikan dan selalu dicek kondisinya. Karena jika rusak atau tidak sempurna lagi fungsinya bisa beresiko. Demikian uraian seputar olahraga panjat tebing, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *