Home » Mainan » Seputar Helikopter RC Yang Harus Diketahui Oleh Pemula

Seputar Helikopter RC Yang Harus Diketahui Oleh Pemula

Helikopter RC merupakan jenis mainan yang menggunakan remote control untuk menjalankannya. Mainan ini tidak hanya disukai oleh anak-anak, banyak juga orang dewasa yang suka memainkannya. Keunikan mainan ini adalah bentuknya yang mini namun mirip seperti helicopter sesungguhnya.

Saat ini RC helicopter sudah banyak modelnya dan bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Dalam artikel ini kita akan membahas seputar RC helicopter yang perlu Anda ketahui jika akan membeli mainan ini.

Baling-Baling Pesawat

Ada dua jenis baling-baling RC helikoper yaitu double blade dan single bad. Double blade merupakan heli yang memiliki dua baling-baling, yaitu baling-baling atas dan bawah. Karena memiliki dua buah heli saat dimainkan lebih seimbang dan bisa digunakan didalam ruangan. Heli jenis ini tidak cocok digunakan di luar ruangan karena tidak begitu tahan jika terkena angin.

Sedangkan single bad adalah heli yang hanya memiliki satu baling-baling. Kelebihan heli ini lebih kuat menahan angin, jadi bisa digunakan di luar ruangan. Kekurangan heli ini adalah agak sulit dimainkan sehingga membutuhkan latihan saat memainkannya.

Channel Heli

Yang harus Anda ketahui berikutnya adalah channel pada helicopter RC, yaitu:

  • 2 channel : naik, turun, putar kiri dan kanan
  • 3 channel : naik, turun, putar kiri, kanan, maju dan mundur.
  • 4 channel : naik, turun, putar kiri, kanan, maju, mundur, kesamping kiri dan kanan.
  • 6 channel : naik, turun, putar kiri, kanan, maju, mundur, kesampin kiri, kanan dan terbang terbalik.

Untuk 3,5 atau 5 channel biasanya ada penambahan lampu yang bisa dhidupkan dan dimatikan dari dual speed atau remote control.

Baca Juga: Manfaat Bermain Helikopter RC (Remote Control)

Gyroscope Vs Non Gyroscope

Yang dimaksud dengan gyroscope adalah komponen yang fungsinya mengatur kestablian helicopter. Sekarang rata-ratanya sudah dilengkapi dengan gyroscope, kelebihannya adalah lebih mudah dikendalikan dibandingkan dengan heli yang tidak dilengkapi dengan gyroscope.

Ukuran RC Helikopter

Ada beberapa jenis ukuran heli yang bisa Anda pilih sesuai dengan tempat dimana heli tersebut akan dimainkan. Ukurannya diantaranya adalah mini, medium dan big size. Semakin besar ukuran heli maka harganya akan semakin mahal dan ruangan tempat memainkannya juga harus lebih besar, sebaiknya dimainkan di luar ruangan. Sedangkan heli yang mini memungkinkan untuk dimainkan di dalam ruangan.

Kelebihan heli yang ukurannya kecil, spare partnya harganya lebih murah dibandngkan dengan harga heli yang big size. Bagi para pemula sebaiknya beli dulu heli yang mini, setelah mahir baru bisa beli heli yang lebih besar.

Itulah beberapa informasi seputar mainan helicopter RC yang harus Anda ketahui, khususnya bagi pemula. Semoga artikel ini bermanfaat!

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *