Home » Hobi ekstrim » Sebelum Menikmati Arum Jeram Simak Dulu 4 Kiat Aman Berikut Ini!

Sebelum Menikmati Arum Jeram Simak Dulu 4 Kiat Aman Berikut Ini!

Ketika musim hujan datang maka terasa memberi kabar gembira bagi pecinta arum jeram atau rafting yang masih termasuk ke dalam olahraga ekstrim. Olahraga air ini dilakukan di sungai dengan arus yang cukup atau sangat deras dengan menaiki kapan karet secara berombongan. Dikatakan memacu adrenalin karena untuk bisa melewati keganasan air sungai diperlukan kerjasama tim yang sama-sama berada di atas perahu karet. Resiko jatuh dan terkena bebatuan sungai mewarnai olahraga satu ini, sehingga perlu dilakukan dengan aman.

Kiat Aman Ber-Rafting

Supaya tidak menjadikan olahraga ini mengancam keselamatan maka perlu dilakukan secara aman, dan beberapa kiat berikut perlu dilakukan:

  • Tepat dalam menentukan destinasi sungai,

Sungai untuk melakukan rafting baiknya dipilih dengan seksama supaya pas dengan kemampuan dan kondisi. Beberapa sungai diberi skala atau grade tertentu untuk menentukan tingkat keganasannya, semakin tinggi grade-nya maka semakin ganas dan berbahaya sehingga cocok untuk profesional. Bagi pemula dianjurkan memilih sungai dalam skala 2-3 saja sehingga sensasinya tetap ada namun jauh lebih aman. Kalau langsung menuju sungai skala 5-7 maka ada kemungkinan kewalahan mengendalikan dayung dan trauma.

  • Memperhatikan kondisi cuaca,

Cuaca menjadi faktor penting untuk diperhatikan sebelum melakukan arum jeram karena bisa merubah skala sungai yang dijadikan destinasi. Ketika musim penghujan sebagian besar sungai mengalami peningkatan grade meski sebagian kecil tetap sama saja. Perhatikan karakter sungai yang dituju sebab bisa jadi karena terjadi perubahan cuaca maka berubah pula skala sungai tersebut. Konsultasikan dulu dengan pemandu supaya tidak salah menentukan waktu dan destinasi sungai yang pas, sehingga resiko sekecil apapun bisa dihindari.

Baca juga beberapa tips perlengkapan untuk arung jeram. Lihat selengkapnya di cumahobi.com

  • Selalu mematuhi apa kata pemandu,

Setiap kegiatan pengarungan dilakukan maka dijamin akan diberi pemandu sehingga bisa memastikan pengarung atau rufter memahami aturan ketika melintasi medan. Baiknya tidak menjadi sosok yang merasa paling berpengalaman sebab sebagai olahraga ekstrim pengalaman sebanyak apapun terasa kurang. Jangan mengabaikan apa kata pemandu sebab bisa jadi Anda tidak tahu sama sekali perihal kondisi sungai dan titik-titik rawannya dimana saja. Mematuhi apa yang dikatakan pemandu memberi kemudahan menikmati rafting dengan aman, sehingga kepuasan yang didapat lebih optimal.

  • Baiknya tidak takut secara berlebihan,

Ketakutan secara berlebihan ketika melakukan rafting ternyata sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Logikanya ketika pikiran takut maka tubuh akan lebih kaku sehingga ketika melintasi titik rawan malah kesulitan untuk melakukan kontrol. Baiknya redam dulu ketakutan yang dirasakan dan jika kurang yakin melakukan olahraga ini bisa ditunda dulu. Anda bisa mencari semangat dari teman setim yang juga tertarik mencicipi sensasi berbahaya dari rafting. Intinya sebelum terjun ke sungai pastikan sudah bebas dari rasa takut supaya lebih aman menikmati arum jeram.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *