Home » Hobi Menyehatkan » Sebelum Bertanding Sepak Bola Baiknya 4 Persiapan Penting Ini Dilakukan

Sebelum Bertanding Sepak Bola Baiknya 4 Persiapan Penting Ini Dilakukan

Bermain sepak bola tentu bisa menjadi pilihan untuk menjadikan tubuh bugar sekaligus melepaskan penat. Bagi yang merasa memiliki bakat bisa bergabung dengan tim olahraga bola satu ini dan mengukir prestasi di dalamnya. Profesi sebagai atlit di tanah air memang belum begitu banyak diminati karena gaji yang diterima memang tidak terlalu bagus. Meski begitu asalkan Anda memang mencintai dunia bola dijamin akan menikmati setiap detik berlatih maupun ketika bertanding dengan tim lain, sehingga kegiatan ini punya arti lebih.

Persiapan Tepat Sebelum Bertanding Bola

Bagi pemain profesional tentu akrab sekali dengan beragam pertandingan baik di daerah sendiri maupun ke daerah-daerah lainnya. Sebelum pertandingan bola dimulai biasanya setiap pemain memiliki persiapan tersendiri, dan bagi pemula baiknya memahami persiapan ini. Adapun persiapan yang dibutuhkan antara lain:

  • Perhatikan jam makan sebelum bertanding,

Sebelum bertanding para pemain bola baiknya menghindari aktifitas makan 3 jam sebelumnya jika tidak ingin kehabisan tenaga dan nafas di tengah lapangan. Apabila belum makan sama sekali maka ganti nasi dengan aneka buah-buahan, terutama yang memberi efek kenyang seperti apel ataupun pisang.

  • Baiknya tidak minum minuman berenergi,

Banyak orang menganggap jika sebelum bertanding sepak bola baiknya minum minuman berenergi yang banyak tersedia di pasaran. Apakah tepat? Ternyata tindakan ini adalah sebuah kekeliruan karena minuman jenis ini kaya akan kafein. Efeknya bisa membuat jantung berdegup lebih kencang dan membakar energi lebih banyak sehingga tubuh mudah lelah. Selain menghindari minuman berenergi juga tidak baik minum kopi dan teh yang terlalu kental sebab memberi efek sama.

Baca Juga: Tips Futsal: Teknik Bermain Futsal Mumpuni

  • Tidak lupa melakukan pemanasan,

Pertandingan bola umumnya akan berlangsung sekitar dua jam, bisa kurang bisa lebih tergantung kebijakan pihak penyelenggara. Tentunya selama pertandingan tidak hanya berdiri santai di tengah lapangan namun berlari kesana-kemari merebut bola untuk dijebloskan ke gawang lawan. Baiknya dua atau satu jam sebelum pertandingan sudah melakukan pemanasan sehingga otot-otot tubuh tidak kaget saat bertanding secara sungguhan. Pemanasan yang dilakukan pun baiknya tidak lebih dari dua jam, sehingga tidak membuat otot malah kaku dan nyeri usai pemasanan

  • Mempersiapkan mental untuk maju bertanding,

Persiapan mental juga diperlukan oleh semua pemain bola supaya siap saat bertanding dengan lawan di lapangan. Persiapan ini bisa dengan beragam cara salah satunya terus berlatih sehingga merasa memiliki kemampuan permainan yang baik sehingga percaya diri. Kemudian menjaga postur tubuh tetap tegak untuk menghindari intimidasi dari tim lawan. Percaya diri dan terus berpikir positif kemudian menyusun strategi baik saat bertanding akan membuat mental semakin siap, bertanding sepak bola pun terasa lebih menyenangkan tanpa tekanan berat.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *