Home » Hobi ekstrim » Sebelum Belajar Parkour Siapkan Dulu 4 Hal Penting Ini!

Sebelum Belajar Parkour Siapkan Dulu 4 Hal Penting Ini!

Ada banyak sekali jenis olahraga di sekitar kita yang bisa dijadikan hobi dan salah satu pilihannya adalah parkour yang boleh dibilang aktifitas ekstrim. Mengapa dikatakan ekstrim? Sebab olahraga jenis ini membuat penikmatnya bisa berpindah dari titik A ke titik B secara efisien dengan cepat dan tepat. bahkan untuk kelas ahli bisa melompat dari lantai 10 ke lantai dasar dengan mudah, bebas cedera atau tetek bengeknya. Apakah Anda merasa takut? Baiknya jangan takut dulu karena olahraga ini ada tekniknya sendiri sehingga dijamin aman.

Hal-Hal yang Penting untuk Dipersiapkan

Ketika bergabung dalam komunitas olahraga ini maka akan belajar dari teknik paling dasar supaya perpindahan Anda dari titik ke titik bebas cedera. Nah, supaya lebih siap dan lihai dalam mempelajari gerakannya yang cenderung ekstrim persiapkan dulu beberapa hal ini:

  • Memiliki niat yang teguh,

Niat memang selalu menentukan hasil akhir apakah memuaskan, cukup memuaskan, atau tidak memuaskan sama sekali. Berhubung olahraga ekstrim ini benar-benar menguji mental maka usahakan membangun niat yang teguh terlebih dahulu. Asalkan niatnya sudah maksimal maka latihan dari teknik dasar sampai ahli akan lebih mudah dan cepat.

  • Kurangi dan hadapi ketakutan yang dirasakan,

Kekhawatiran yang dirasakan tentu lumrah namun jangan dibiarkan terlalu lama, kalau Anda melihat aksi para ahli parkour di film-film terkenal. Kemungkinan membuat nyali menciut untuk mencobanya, namun jangan buru-buru takut dulu. Sebab ketika aktor tersebut melakoni perannya tentu sudah di tingkat ahli padahal belajar olahraga ini dilakukan secara bertahap. Kelola rasa khawatir Anda dan coba dulu belajar di tingkat pemula, kalau merasa cocok bisa diteruskan.

  • Tidak perlu takut untuk kotor,

Untuk menikmati olahraga ini secara maksimal memang dituntut untuk menghadapi medan seperti apapun. Tak pelak membuat penikmatnya kerap mandi lumpur atau kotoran jenis apapun yang memang terdapat di area latihan. Akan tetapi jangan berpikir negatif dulu, sebab yang namanya latihan apalagi di tingkat awal tentu gerakan belum luwes dan tekniknya belum stabil. Perlahan kalau sudah lihai dijamin noda di badan akan berkurang dan tidak ada sama sekali, jadi jangan takut kotor.

  • Rajinlah dalam berlatih,

Bergabung ke dalam komunitas penikmat olahraga ini adalah langkah awal yang tepat untuk mulai berlatih tekniknya dasar sampai ahli. Usahakan diluar komunitas pun Anda tetap rajin berlatih karena gerakannya selalu variatif disesuaikan dengan medan dan kondisi. Hanya saja teknik yang di pakailah yang sama, seperti teknik mendarat usai meloncat, teknik berjalan di atas pegangan tangga, dan sebagainya. Otomatis latihannya bisa kapan saja dan dimana saja, dan cobalah gerakan parkour sederhana dulu kalau sudah yakin baru mencoba ke tingkat lebih sulit.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *