Home » hobi » Piano, Instrumen Musik Indah dan Mudah untuk Dipelajari

Piano, Instrumen Musik Indah dan Mudah untuk Dipelajari

 

Bermain musik memang menjadi sebuah kenikmatan tersendiri bagi pecinta seni. Bisa dikatakan tidak ada seorang pun di dunia ini yang terlepas dari musik dalam kehidupan sehari-harinya, mulai nada dering, player musik, dan berbagai hal yang dilihat di media sosial sering melibatkan musik. Salah satu alat musik yang banyak digemari masyarakat umum adalah piano. Alat musik ini menghasilkan suara yang indah dan easy listening bagi seluruh lapisan masyarakat. Bahkan musik-musik klasik zaman dahulu di dominasi dengan suara alat musik ini.

Apakah Sulit Belajar Piano?

Eksistensi piano di dunia seni musik membuatnya banyak digemari dan banyak orang ingin mempelajarinya. Alat musik yang satu ini memang cukup mudah untuk dimainkan jika melihat mereka yang sudah ahli. Cara memainkannya terlihat mudah, Anda hanya perlu menekan bagian-bagian nada tertentu dengan jari jemari Anda untuk menimbulkan sebuah suara yang merdu. Namun sebenarnya Anda harus bisa menggerakkan ke sepuluh jari Anda untuk menekan nada. Lantas bagaimana cara mempelajarinya?

Piano, Instrumen Musik Indah dan Mudah untuk Dipelajari

Cara Mudah Menguasai Teknik Dasar Bermain Piano

Jika dilihat, bermain piano sekilas memang begitu mudah. Waktu untuk belejar bermain alat musik ini tidak sebentar. Namun jangan khawatir, Anda bisa berlatih secara rutin dan mandiri di rumah untuk mempelajari teknik dasar dalam bermain, seperti:

  • Merilekskan tangan sebelum memulai permainan dengan berlatih menyentuh tuts dengan ringan dan lembut. Jika Anda rileks maka akan lebih mudah menekan nada dengan tepat dan waktu yang sesuai sehingga nada yang dikeluarkan pun menjadi lebih merdu.
  • Agar telinga lebih peka terhadap nada yang dimainkan, Anda bisa berlatih dengan lagu-lagu sederhana yang mudah diingat dan yang Anda senangi. Dari sinilah Anda akan terbiasa mendengarkan nadanya lalu bisa menebak nada-nada yang sedang dimainkan tanpa harus melihat notasi.
  • Teknik berlatih tanpa menggunakan notasi bisa Anda coba yaitu dengan mengandalkan pendengaran. Anda bisa memulai dengan bermain piano dengan lagu yang sudah dikenal tanpa melihat notasi lebih dulu sehingga telinga Anda menjadi lebih peka dan akan mempermudah latihan ketika menggunakan notasi.
  • Anda bisa berlatih sesaat sebelum tidur karena pada waktu ini, otak akan menyimpan memory jangka panjangnya dan lebih memudahkan Anda untuk mengingat.
  • Anda juga harus rutin berlatih piano dengan menggunakan kedua tangan. Hal ini agar masing-masing tangan menjadi terbiasa dan terampil dalam menekan tuts.
  • Dari notasi yang harus Anda mainkan, Anda bisa membaginya menjadi beberapa lalu rekam di tiap bagian. Dari situlah Anda bisa menebak dan belajar notasi mana yang sedang dimainkan.
  • Terakhir adalah bermain dengan mendengar, Anda bisa berlatih mengenali not awal yang dimainkan dari kunci dan selanjutnya bisa bermain sesuai dengan alur lagu yang Anda sedang mainkan. Karena jika not pertama tepat maka selanjutnya bisa lebih mudah dipelajari.

Baca juga http://hobibanget.com/

Post Tag With : , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *