Home » Peluang Bisnis » Petunjuk Berkebun Hidroponik Sederhana di Rumah

Petunjuk Berkebun Hidroponik Sederhana di Rumah

Salah satu solusi untuk Anda yang ingin berkebun dan bisa memanen hasil kebun sendiri meski memiliki lahan sempit dan keterbatasan media tanam, adalah dengan cara hidroponik. Alih-alih butuh media tanah yang banyak, sistem hidroponik menggunakan media air yang dicampur dengan nutrisi khusus tanaman. Peralatan yang digunakan pun tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan media daur ulang di sekitar Anda sebagai tempat tanaman hidroponik nantinya. Berikut ini petunjuk berkebun hidroponik sederhana di rumah yang bisa Anda simak.

Sebelum mulai menanam, ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan, seperti botol plastik bekas air mineral, gelas plastik bekas, jerigen bekas minyak goreng, kain untuk sumbu (pilih jenis kain panel), nutrisi hidroponik, dan media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang atau pecahan bata merah).

Nyaris semua bahan tadi adalah bahan yang memang sudah ada di sekitar Anda. Jadi, selain bisa mendapatkan hasil dari tanaman nantinya, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas di rumah. Untuk nutrisi hidroponik, Anda bisa mendapatkannya dari toko peralatan taman dengan harga terjangkau.

Setelah semua peralatan dan bahan lengkap, artinya Anda siap untuk membuat tanaman hidroponik.

Baca Juga:Yuk Simak Tips Keren Berkebun Sayuran di Lahan Sempit

Langkah pertama adalah menyiapkan media hidroponik. Potong botol bekas menjadi dua bagian, yakni bagian atas dan bawah. Kemudian pada bagian atas (daerah leher botol) dilubangi. Lubang ini digunakan untuk memasang sumbu dan sebagai celah aliran udara. Sumbu juga dipasang pada bagian bawah botol.

Setelah kedua bagian botol tadi siap, masukkan bagian atas botol pada bagian bawah dengan posisi dibalik, artinya bagian leher botol berada di bawah. Setelahnya, Anda bisa mengisi bagian atas botol dengan media tanam yang telah disiapkan tadi. Pilih media tanam yang menurut Anda mudah didapat serta gampang digunakan. Fungsi media ini sendiri adalah untuk pijakan akar tanaman, agar tidak rebah.

Setelah media tanam siap, Anda bisa menanam bibit atau menaburkan biji sebanyak 2 hingga 3 buah ke dalamnya. Kemudian siram dengan larutan nutrisi hidroponik yang telah dipersiapkan sebelumnya. Media tanaman dan tanaman telah siap. Untuk penyimpanannya, usahakan di tempat yang tidak terkena hujan secara langsung tetapi masih tetap bisa mendapatkan sinar matahari.

Apakah hanya satu media tanam saja sudah cukup? Jika Anda merasa perlu untuk membuat media tanam lainnya, Anda bisa melakukannya dengan cara yang sama. Selain botol bekas minuman, Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas lain. Agar tanaman Anda lebih rapih dan mudah dirawat, Anda bisa menempatkan media tanam ini dengan digantungkan di dinding atau diletakkan di rak khusus secara bersusun ke atas. Selain lahan yang dibutuhkan tidak banyak, cara ini juga bisa jadi cara untuk mendapatkan hiasan dari tanaman hidroponik Anda.

Selamat mencoba berkebun.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *