Home » Hobi ekstrim » Persiapan Untuk Menghadapi Balapan Motor Cross

Persiapan Untuk Menghadapi Balapan Motor Cross

Balap motor merupakan salah satu olahraga otomotif yang terbilang ekstrem sehingga membutuhkan stamina yang prima untuk melakukan olahraga ini. Salah satu cabang olahraga yang termasuk olahraga balap motor adalah balapan motor cross. Cabang olahraga yang satu ini menggunakan sirkuit buatan sebagai sarana lintasannya. Motor yang digunakan adalah motor khusus untuk balapan offroad  yang dirancang dengan spesifikasi lebih tinggi dari motor trail dan mempunyai berat sekitar 100 kg sehingga para pembalap yang akan mengendarai motor ini harus mempunyai persiapan fisik dan mental agar bisa mengendalikan dan melakukan berbagai macam aksi di atas motor tersebut. Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika seorang pembalap akan melakukan suatu balapan. Berikut ini persiapan untuk menghadapi balapan motor cross.

 

  • Persiapan Fisik.

 

Fisik yang prima adalah faktor yang tidak boleh dilupakan ketika seorang pembalap akan menghadapi suatu balapan motor. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang pembalap dalam mempersiapkan fisiknya diantaranya dengan melakukan olahraga  seperti renang yang bermanfaat untuk melatih kerja jantung dan kekuatan otot agar bekerja lebih optimal sehingga ketika melakukan suatu balapan otot – otot akan menjadi rileks. Selain itu lari bisa dijadikan pilihan untuk melatih cardio pembalap, daya tahan tubuhnya dan yang utama melatih kekuatan kaki. Balapan motor cross merupakan salah satu balapan yang sering menggunakan kekuatan otot mulai dari otot tangan dan otot kaki. Melatih kekuatan otot bisa dilakukan dengan cara melakukan olahraga fitnes ringan seperti angkat beban. Dengan persiapan yang matang dapat menumbuhkan rasa percaya diri pembalap ketika menghadapi suatu balapan.

Baca juga : Sukses Mengendarai Motor Cross dengan 4 Rahasia Berikut Ini!

 

  • Persiapan Motor.

 

Motor yang digunakan untuk balapan motor ini mempunyai spesifikasi berbeda dengan motor yang digunakan untuk balapan motor yang lain seperti  enduro, supercross dan balapan motor lainnya. Perlu persiapan yang matang dan melibatkan teknisi – teknisi yang handal. Seorang teknisi motor cross harus bisa memahami karakteristik pembalap ketika mempersiapkan motor. Teknisi harus melakukan pengecekkan mulai dari  oli mesin yang harus diganti tiap akan melakukan suatu balapan sehingga komponen – komponen yang ada di dalam mesin menjadi awet, ban motor harus sesuai dengan kondisi lintasan yang akan dipakai balapan, rantai motor harus disetel ulang agar tidak kendor  dan untuk mencegah terjadinya putus rantai di tengah balapan, pengecekan kanvas rem harus rutin dilakukan agar keselamatan pembalap terjamin. Selain itu persiapan untuk kelengkapan penunjang keselamatan yang lainnya seperti helm dengan standar international, sarung tangan dengan bahan yang kuat, pelindung lutut, sepatu khusus untuk balap.

 

 

  • Persiapan mental.

 

persiapan mental harus dilakukan oleh pembalap ketika akan mengahadapi suatu balapan. Mental menjadi hal yang penting karena ketika mental seorang pembalap sudah jatuh sebelum melakukan balapan akan berpengaruh besar terhadap jalannya balapan meskipun keadan fisik dan motor prima. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan mental pembalap seperti menikmati suasana santai, menghindari keramaian, melakukan rileksasi dan yang utama adalah banyak melakukan ibadah sehingga jiwa akan tenang dan siap mengahadi suatu balapan.

Ketiga persiapan di atas merupakan persiapan yang biasa dilakukan oleh seorang pembalap dalam mengahadapi suatu balapan motor cross. Dengan persiapan yang matang maka balapan akan berjalan dengan lancar.

   

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *