Home » Hobi ekstrim » Persiapan Penting Sebelum Memulai Olahraga Arum Jeram

Persiapan Penting Sebelum Memulai Olahraga Arum Jeram

Indonesia termasuk negara yang memiliki banyak sekali spot menarik untuk wisata sekalian juga olahraga, salah satu diantaranya adalah sungai. Beberapa sungai tertentu terkenal memiliki arus yang kuat dilengkapi dengan bebatuan yang cukup banyak, umumnya sering kali digunakan oleh pecinta adrenalin untuk melakukan olahraga arum jeram. Siapa yang tidak kenal dengan jenis aktivitas yang satu ini, dikenal juga dengan istilah rafting.

Persiapan Penting Sebelum Memulai Olahraga Arum Jeram 

Dimana nantinya Anda bersama beberapa orang teman dan juga akan dipandu oleh seseorang yang sudah ahli untuk naik sebuah perahu karet dan mulai mengarungi kawasan sungai tersebut. Terbilang sangat menantang dan penuh dengan resiko. Namun inilah sebenarnya daya tarik dari olahraga yang satu ini. Jadi tak heran jika seandainya banyak diantara masyarakat, bukan hanya anak muda saja, melainkan juga orang tua yang masih tetap menggemarinya. Seperti di musim-musim penghujan saat ini, karena arus air akan jadi lebih kuat. 

Sedangkan khusus untuk pemula yang baru ingin mencoba jenis olahraga yang satu ini, maka berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda, yaitu: 

  1. Pilih lokasinya terlebih dahulu, faktanya memang berbeda sungai maka akan berbeda sensasi untuk arum jeram, karena arus dan juga pemandangannya juga akan sangat berbeda. Jadi pertimbangan pertama yang harus dipikirkan memang masalah lokasi, tempat mana yang disepakati dengan teman-teman untuk digunakan.
  2. Pilihlah operator atau pihak penyedia yang bisa memberikan layanan rafting ini khusus untuk Anda, jika mempertimbangkan hal yang satu ini pastinya juga sangat banyak pilihan, pastikan beberapa macam hal seperti diantaranya adalah sarana sudah lengkap disertai dengan pemandu yang sudah berpengalaman.
  3. Pastikan kondisi badan juga fit sebelum melakukannya, bagaimanapun hal yang sangat penting untuk menjadi acuan sebelum terjun ke air ini adalah kondisi badan Anda, dimana jika seandainya kondisi badan kurang bagus jangan paksakan diri, karena hanya akan semakin memperparahnya. Takut-takut nantinya Anda akan pingsan di tengah medan, tentu akan menyulitkan teman-teman lain bukan.
  4. Jika tidak dapat berenang maka beritahu guidenya, siapa bilang rafting hanya cocok dilakukan oleh mereka yang bisa berenang saja, nyatanya bagi yang tidak dapat berenang juga tetap bisa mencobanya, namun untuk lebih amannya maka beritahu guide terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mendapatkan penjagaan yang lebih dan juga posisi yang tepat agar lebih aman.
  5. Gunakan busana yang tepat, diantaranya adalah pakaian yang tidak terlalu menyerap air, sehingga ketika basah nantinya tidak terlalu berat. Begitu juga dengan perlengkapan keamanan seperti pelampung pastikan kondisinya layak pakai.

Sekarang Anda sudah siap untuk memulai arum jeram bersama dengan teman-teman, jangan lupa mengabadikan moment tersebut.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *