Home » Mainan » Permainan Tradisional Bisa Mengasah Kreatifitas Anak

Permainan Tradisional Bisa Mengasah Kreatifitas Anak

Anak-anak di zaman sekarang sepertinya sudah tidak begitu kenal dengan permainan tradisional khususnya anak yang lahir dan tumbuh di kota besar. Biasanya permainan yang sifatnya tradisional ini sudah tergeser dengan mainan dan permainan yang lebih modern. Bahkan semakin kesini jenis mainan dan permainan masa kini terus bertambah, seolah permainan zaman kecil orangtuanya dulu sudah tidak cocok dimainkan anak zaman sekarang. Padahal kalau dilihat dari segi manfaat sepertinya permainan zaman dulu jauh lebih kaya sehingga orangtua bisa menimbang untuk memperkenalkannya.

Kenali Dulu Manfaat Permainan Tempo Dulu

Segelintir orang mulai peduli untuk melestarikan warisan budaya leluhur, termasuk beberapa jenis permainan yang sifatnya tradisional. Rupanya usaha ini tidak sia-sia sebab banyak peminatnya dan semakin banyak orangtua mengenalkan permainan tersebut ke buah hatinya. Maklum, sebab permainan tempo dulu mampu menyuguhkan manfaat khas di bawah ini:

  • Mendidik anak lebih sportif,

Permainan yang bersifat tradisional tentu kebanyakan akan dilakukan dengan banyak anak seumuran atau sedikit lebih tua. Paling sedikit dilakukan oleh dua orang, ketika bermain tentu akan ada yang menang dan kalah. Lewat permainan yang asyik ini anak akan terdidik bersikap sportif, tidak curang untuk menang.

  • Melatih fisik buah hati,

Banyak sekali jenis permainan tradisional yang menuntut anak yang memainkannya untuk banyak bergerak. Minimal bermain kelereng, dijamin tubuh anak akan diajak berpindah posisi sekian kali untuk membidik kelereng incaranya. Bermain catur pun demikian meski terlihat duduk saja namun otak bekerja dengan keras sehingga tubuh membakar kalori lebih banyak. Permainan tempo dulu pun sudah masuk kategori olahraga sehingga bisa membantu menekan resiko obesitas pada anak.

  • Mengasah kreatifitas anak,

Memainkan permainan tempo dulu juga memberi efek positif bagi otak kanan anak sehingga terdidik alami untuk kreatif. Permainan tertentu bisa membuat anak perlu memikirkan cara kreatif untuk bisa menang. Sehingga bisa mengajarkan mereka untuk bermain secara apik, berpikir cepat, dan tentunya menampilkan ide segar yang melintas di pikiran. Selain kreatif mereka pun cenderung lebih aktif dalam berbicara, sebab banyak permainan menuntut kerjasama dan sikap saling terbuka agar adil dan hasilnya memuaskan,

  • Anak lebih mudah mengontrol emosi,

Selama menikmati permainan dengan anak seusianya, si kecil ternyata akan belajar dalam berekspresi atas apa yang dirasakan. Misalnya seperti berteriak, tertawa, berlari, melompat, atau mungkin menangis di tengah permainan. Kalau selama ini melihat si kecil kaku tanpa ekspresi karena lebih akrab dengan gadget. Baiknya orangtua mulai meluangkan waktu di akhir pekan mengajak si kecil bermain bersama. Tentunya bisa memilih permainan tradisional yang mudah dan Anda kuasai, sehingga perlahan anak akan lebih mudah mengontrol emosi dan menunjukan perasaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *