Home » Hobi ekstrim » Perlengkapan Motor Cross

Perlengkapan Motor Cross

Bagi yang menyukai olahraga ekstrim, olahraga satu ini bisa jadi opsi yang sangat menarik. Menghabiskan waktu di lintasan motor cross memang menyenangkan. Anda bisa lupa waktu dibuatnya.  Sensasi  melayang ketika melakukan jumping atau melakukan slidding saat berbelok, luar biasa. Seperti halnya olahraga ekstrim lainnya, olahraga yang satu ini mempunyai resiko yang tinggi. Minimal rentan sekali cedera.  Apalagi jika mengabaikan sisi safety. Bicara safety, perlengkapan motor cross sangat mutlak untuk dimiliki dan dipakai. Selain faktor keselamatan, kenyamanan juga alasan memakai perlengkapan tersebut. 

Perlengkapan Motor Cross

Perlengakapan motor cross ini sebenarnya tidak menjamin 100% keselamatan anda. Anda tetap harus berhati – hati, jangan sembrono, apalagi kalau anda masih dalam tahap belajar. Tapi setidaknya penggunaannya bia menimimalisir resiko. Jadi tetap, akan lebih bijak jika anda tetap memakainya lengkap. Bagi yang sudah terjun didunia motor cross mungkin sudah tahu perlengkapannya. Nah, buat anda yang tertarik pada olahraga ini, ada baiknya anda persiapkan ini dulu.

Sepatu Boot

Tentu saja untuk jenis boot motor cross ya. Ini menjadi sangat penting untuk melindungi kaki kita yang resiko berbenturan dengan tanah atau motor lain sangat tinggi. Dulu biasanya terbuat dari kulit. Tapi karena berkembang teknologi, ada boot yang terbuat dari bahan campuran sintetis. Masalah kualitas, tetap bisa diandalkan untuk mlindungi kaki anda.

Kaus kaki panjang

Ini berfungsi untuk melindungi  kaki anda akibat pergesekan langsung dengan sepatu boot. Minimal anda akan terlindungi dari lecet akibat pergesekan itu.

Celana motor cross

Biasanya celana ini terbuat dari bahan kanvas dengan  bantalan disekitar lutut bagian dalam, pinggang dan paha bagian luar.

Kaos lengan panjang / jersey

Bahan ini mempu melindungi kulit dan menyerap keringat.  Kaos ini juga biasanya mempunyai bantalan pada bagian siku tangan.

Pelindung dada (chest protector)

Biasanya terbuat dari plastic keras. Tentu saja ada bantalan pada bagian tertentu. Fungsinya adalah melindungi dada, tulang rusuk dan punggung bagian atas.

Baca Juga : Mengenal  Stefan Everts, Legenda Motor Cross Dunia

Helm

Nah, ini perlengkapan yang sangat penting. Untuk perlindungan maksimal gunakan helm standar motor cross. Sehingga jika terjadi benturan pada kepala, resiko cedera bisa diminimalisir.

Sarung tangan

Ini fungsinya jelas untuk melindungi tangan anda, minimal dari luka akibat gesekan dengan grip stang.

Kacamata

Untuk motor cross ada kacamata khusus yang biasa dipakai. Goggle namanya. Terbuat dari kaca plastic (lexan lens). Ini memberikan perlindungan maksimal dari debu.

Pelindung lutut dan siku

Nah, ini jelas fungsinya untuk melindungi lutut dan siku tangan anda.

Itulah perlengkapan yang  harus anda miliki bila ingin menggeluti olahraga ini. Selamat berbelanja.

 

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *