Home » Hewan Peliharaan » Perhatikan 4 Tips Ini Agar Tak Salah Saat Pilih Kucing yang Akan Dipelihara

Perhatikan 4 Tips Ini Agar Tak Salah Saat Pilih Kucing yang Akan Dipelihara

Pecinta hewan lucu dan menggemaskan seringkali menjadikan kucing sebagai pilihan untuk dipelihara di rumah. Hewan berkaki empat yang lucu ini memang menjadi favorit terutama umat muslim yang diperbolehkan untuk memelihara hewan jenis ini. Hewan ini memang lucu dengan bulu yang warnanya khas dan mata yang nampak sangat lebar berpadu dengan hidungnya yang kecil. Jika memutuskan untuk memeliharanya pastikan memilih jenis yang terbaik karena terdapat 500 spesies dari hewan lucu ini dan masih terbagi ke dalam 80 ras.

Perhatikan 4 Tips Ini Agar Tak Salah Saat Pilih Kucing yang Akan Dipelihara

Tips Memilih Hewan Jenis Ini untuk Dipelihara

Ada jenis manx yang identik dengan bentuk tubuhnya yang tidak memiliki ekor, kemudian ada pula spinx yang tampil tanpa bulu. Sifatnya pun beragam ada yang extrovert ada pula yang sifatnya kalem jadi dalam memilih simak dulu tips berikut ini:

  • Sesuaikan sifatnya dengan gaya hidup Anda,

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika setiap jenis hewan berbulu manis ini punya sifat atau karakter yang khas, ada yang sangat aktif ada yang kalem. Sesuaikan karakter mereka dengan gaya hidup Anda jika memang sering keluar rumah pilih jenis yang sifatnya tidak butuh sosialisasi alias bisa nyaman sendirian.

  • Memperhatikan panjang pendek bulunya,

Kebanyakan pecinta kucing mengutamakan yang bulunya panjang karena bisa membuat tampilannya lebih cantik, lucu, dan menggemaskan. Hanya saja dengan memilih yang bulunya panjang ada resiko musti memberi perawatan lebih. Memberikan perawatan dengan baik bisa membangun hubungan Anda dengan hewan lucu ini agar bisa saling dekat dan membutuhkan. Namun jika Anda super sibuk maka memilih yang bulunya pendek adalah ide yang bagus.

  • Memilih antara jantan atau betina,

Saat berkunjung ke ipetshop maka akan menjumpai pilihan antara jantan dan juga betina, mau memelihara yang mana? Hewan manis ini tetap memiliki naluri sebagai hewan di jenisnya maka mereka memiliki kecenderungan bersifat lebih agresif dan berisik ketika musim kawin tiba. Kebanyakan pemeliharaan hewan ini memilih alternatif mengebiri peliharaannya supaya saat jenis betina butuh kawin tidak terlalu berisik. Sedangkan untuk yang jantan tidak harus berkeliaran keluar rumah dan bertengkar dengan hewan sejenisnya dari ras kampung.

  • Membeli satu atau lebih?

Hewan menggemaskan ini kadang kala punya sifat tidak bisa di tinggal sendiri sehingga jika sifat ini melekat Anda musti membeli minimal dua ekor. Sehingga saat Anda keluar rumah untuk kuliah, bekerja, dan sebagainya mereka tidak stress karena punya teman bermain. Namun imbasnya Anda musti menyiapkan perlengkapan mereka secara terpisah yang artinya butuh biaya lebih juga. Jika memang lumayan sibuk dan ingin berhemat baiknya mencari kucing yang lebih nyaman menyendiri, selain lebih kalem bisa anteng di tinggal seharian.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *