Home » hobi » Perhatikan 4 Tips Aman Ini Dulu Sebelum Menikmati Snorkeling

Perhatikan 4 Tips Aman Ini Dulu Sebelum Menikmati Snorkeling

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kekayaan laut yang sangat tinggi maka untuk menikmatinya silahkan mencoba snorkeling. Kegiatan satu ini adalah berenang ataupun menyelam di laut dangkal dengan beberapa perlengkapan keamanan. Sehingga bisa menikmati keindahan biota laut dari dekat apalagi beberapa pulau di Indonesia dikenal punya panorama bawah laut yang mengagumkan. Jadi Anda yang merasa kegiatan diving atau menyelam terlalu mahal bisa beralih ke kegiatan air satu ini, sensasinya tidak jauh berbeda meskipun hanya untuk laut dangkal.

Perhatikan 4 Tips Aman Ini Dulu Sebelum Menikmati Snorkeling  

Untuk siapa saja yang berencana menikmati kegiatan air ini maka wajib sekali untuk memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Mengenal kegiatan ini dulu beserta perlengkapannya,

Sebelum benar-benar menikmati kegiatan air yang seru ini baiknya Anda kenali dulu kegiatan ini lebih dalam. Kenali keahlian dasar yang mesti dimiliki sampai langkah aman menikmati keindahan laut pada saat tidak bisa berenang. Kemudian kenali pula perlengkapan yang wajib dipakai saat menikmati hobi seru ini, sehingga bisa mengecek keamanan diri sendiri sebelum terjun ke laut.

  • Cara teraman menikmati dasar laut meski tak bisa berenang,

Berbeda dengan menyelam yang memang butuh keahlian berenang dan sudah mengantongi lisensi sehingga cukup mahal. Kegiatan olahraga air bernama snorkeling ini justru aman-aman saja dinikmati mereka yang tidak bisa berenang. Intinya agar tetap nyaman dan aman masuk ke bawah air yang lumayan gelap adalah mengikuti apa kata instruktur. Tidak ada salahnya minta instruktur mengecek perlengkapan Anda sudah lengkap dan terpasang dengan benar atau belum. Sehingga tidak merasa minder untuk terjun langsung ke bawah air laut.

  • Bersihkan dulu semua perlengkapan sebelum dipakai,

Saat menikmati olahraga air ini Anda akan memakai perlengkapan sewaan yang biasanya tersedia cukup lengkap di lokasi itu sendiri. Usahakan untuk memastikan memakai perlengkapan yang bersih, meskipun usai disewa wisatawan lain operator langsung membersihkannya. Tetap tidak ada salahnya Anda membersihkan ulang untuk memastikan memang memakai perlengkapan bersih. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman sebab memakai perlengkapan yang dipakai oleh banyak orang. Sehingga muncul kekhawatiran memakai perlengkapan yang masih kotor atau bahkan mengandung virus maupun bakteri penyebab penyakit tertentu.

  • Memilih tempat dengan arus minim,

Khusus untuk pemula tentu masih minim pengalaman ketika masuk ke dasar laut dangkal, meski dangkal bukan berarti Anda bisa berdiri nyaman dengan kaki di dasar laut dan kepala di permukaan. Jadi usahakan mendengarkan instruktur agar aman dan nyaman, kemudian selalu memilih laut dangkal dengannya rus yang terbilang tenang. Jika sudah lumayan sering melakukan olahraga air ini maka tidak ada salahnya memilih laut lain yang lebih garang, sehingga adrenalin saat bermain snorkeling lebih maksimal.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *