Home » Hobi ekstrim » Peralatan Panjat Tebing Dan Fungsinya

Peralatan Panjat Tebing Dan Fungsinya

Seperti namanya, panjat tebing adalah olahraga yang dilakukan di outdoor tepatnya ditebing gunung atau di papan panjat. Olahraga ini masuk ke dalam jenis olahraga ekstrim yang harus dilengkapi dengan keahlian dan peralatan khusus.

Pengetahuan mengenai peralatan dan fungsi peralatan panjat tebing wajib diketahui oleh penggemar olahraga ini. Peralatan yang digunakannya tidak banyak dan setiap perlatan tersebut harus disiapkan dengan baik dan dalam kondisi yang baik karena untuk menjamin keamanan penggunanya. Berikut ini adalah peralatan panjat dan fungsinya:

Tali Karmantel

Tali karmantel adalah peralatan panjat yang wajib ada, fungsinya untuk pengaman apabila terjatuh. Tali karamantel dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: tali statis, dinamis dan semi statis. Setiap jenis tali tersebut memiliki kelenturan/ elastic yang berbeda-beda dan fungsinya pun berbeda pula.

  • Tali statis memiliki kelenturan 15% – 20%, standar yang digunakan adalah 10,5mm. Biasanya digunakan pada waktu turun dari ketinggian.
  • Tali dinamis memiliki kelenturan hingga 30%. Karena memiliki daya lentur yang tinggi, tali ini memiliki daya kejut yang tinggi. Biasanya digunakan untuk kegiatan rock climbing atau climbing.
  • Tali semi statis memiliki kelentungan ditengah-tengan antara tali statis dan dinamis. Tali jenis ini cocok digunakan untuk climbing dan rappelling. Karena karakternya tersebut tali ini cocok juga digunakan untuk kegiatan rescue.

Hardness

Hardness adalah alat penopang tubuh yang diikatkan di pinggang. Fungsinya sebagai pengaman yang dihubungkan dengan tali. Berdasarkan bentuknya hardness dibagi menjadi tiga, yaitu: seat, chest dan full body hardness.

Baca Juga: Tips Travelling Bersama Pasangan Agar Lebih Berkesan

Carbiner

Carbiner adalah cincin kait, fungsinya untuk menghubungkan alat satu dengan yang lainnya seperti tali dengan pemanjat, tali dengan tali dsb. Carbiner terbuat dari aluminium alloy, bahannya yang ringan dan mempunyai kekuatan yang tinggi. Kekuatannya terletak pada pen yang ada. Jadi jika pen longgar sebaiknya jangan dipakai. Berdasarkan bentuknya terdapat 2 jenis carbiner yaitu: carabiner yang menggunakan kunci pengaman dan yang tidak memiliki kunci.

Ascender

Ascender adalah alat yang fungsinya digunakan untuk membantu pemanjat menaiki lintasan tali. Alat ini akan mengunci jika diberi beban dan akan longgar jika tidak ada bebean.

Descender

Descender adalah alat yang digunakan pemanjat menuruni tali. Fungsinya adalah untuk menahan laju alat dan menjaga agar pemanjat tidak meluncur bebas. Berdasarkan cara kerjanya alat ini dibagi menjadi dua yaitu: otomatis dan manual.

Webbing

Bentuk alat ini pipih seperti pita, terbuat dari bahan nylon yang lentur namun tidak kaku. Fungsinya bisa digunakan sebagai hardness pengikat di tubuh.

Selain peralatan yang disebutkan di atas, masih ada beberapa alat lainnya yang wajib dimiliki dan diketahui oleh penggemar panjat tebing, seperti: hammer, piton, hanger, chock and friend, calk bag dan sepatu panjat.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *