Home » Hobi ekstrim » Peralatan Olahraga Trail Motor Cross

Peralatan Olahraga Trail Motor Cross

Motor cross sering digunakan untuk olahraga trail. Tentu saja menggunakan motor ini saat trail diperlukan keterampilan dan kemampuan berkendaraan trail. Selain itu untuk meminimalisir terjadinya cidera pastikan Anda menggunakan perlengkapan olahraga trail. Beriku adalah beberapa peralatan yang harus Anda siapkan:

Helm

Saat mel;akukan olahraga trail menggunakan motor cross, sebaiknya gunakan helm yang berkualitas. Karena selain memberikan kenyamanan saat digunakan, helm yang memiliki standar bisa memberikan keamanan dan perlindungan bagian kepala. Secara signifikan helm bisa mengurangi cidera dibagian kepala. Pastikan ukuran helm pas, tidak kebesaran ataupun kekecilan.

Sepatu

Sepatu digunakan untuk melindungi jari-jari kaki, pergelangan kaki, shins dan betis. Sepatu yang tepat bisa mengurangi kemungkinan terjadinya keseleo saat melewati tikungan. Selain itu sepatu juga melindungi pergelangan kaki dari lateral poni, benturan dan menjaga kaki dari panas, luka bakar atau lecet.

Jadi pastikan Anda menggunakan sepatu booth yang didesain khusus untuk olahraga trail yang benar-benar dapat melindungi saat bermotor cross. Ada berbagai macam desain sepatu motor cross yang bisa anda pilih sesuai selera dan cocok dengan sepeda motor.

Pakaian

Pada waktu melakukan olahraga trail sangat dianjurkan menggunakan pakaian khusus balap trail. Biasanya bagian celana memiliki tambahan lapisan yang fungsinya untuk melindungi bagian lutut ke paha. Dengan adanya perlindung ini mencegah resiko terkena goresan dan melindungi luka akibat tekena batu, ranting, dahan dsb. Umumnya bahan celana terbuat dari kanvas yang memungkinkan udara keluar masuk dengan baik.

Baca JugaTips Modifikasi Komponen Motor Cross

Sedangkan kaos yang digunakan adalah kaos jersey atau kaos lengan panjang yang memiliki bantalan di bagian siku tangan. Selain melindungi kulit, juga dapat menyerap keringat dengan baik dan cepat kering jika basah.

Pelindung Dada

Chest protector atau pelindung dada fungsinya untuk melindungi bagian tulang rusuk, dada sampai ke punggung bagian atas. Bahannya terbuat dari plastic dengan bantalan dibagian-bagian tertentu. Benturan pada stang, batu, tanah dari arah depan bisa menyebabkan cidera yang serius. Jadi sebaiknya gunakan perlengkapan perlindungan ini.

Kacamata

Kacamata cross atau disebut kacamata goggle digunakan untuk melindungi mata dari debu ataupun air hujan yang bisa mengganggu penglihatan selama perjalanan. Pilih kacamata yang nyaman dan pas saat digunakan. Bahannya terbuat dari kaca plastic memberikan perlindungan dan kenyamanan pada wajah.

Sarung Tangan

Perlengkapan yang tidak kalah penting adalah sarung tangan. Fungsinya utnuk melindungi tangan akibat gesekan denga grip setang. Selain itu sarung tangan membantu terkena langsung kerikil atau pecahan tanah, batu saat berkendara. Sebaiknya pilih sarung tangan yang elastic dan nyaman.

Demikian ulasan singkat peralatan yang wajib digunakan saat melakukan olahraga trail menggunakan motor cross, Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *