Home » Tanaman » Peralatan Berkebun

Peralatan Berkebun

Dalam berkebun tentu banyak aktifitas yang harus Anda lakukan, yang meliputi pengolahan lahan, penyebaran benih, penanaman pohon, hingga proses perawatan yang perlu dilakukan secara berkala. Dalam menjalankan semua kegiatan itu, kita memerlukan peralatan berkebun yang tepat sehingga kegiatan berkebun kita menjadi lebih lancar. Alat-alat berkebun tentu saja memiliki spesifikasi khusus yang didesain untuk tujuan berbeda. Maka dari itu, sebelum memulai aktifitas Anda di kebun, pastikan bahwa alat-alat di bawah ini telah Anda miliki.

  • Alat pemotong rumput

Alat pemotong rumput merupakan alat otomatis yang dapat mempercepat proses memotong rumput di kebun. Mesin ini bekerja dengan cara menggerakkan lempengan-lempengan besi sehingga dapat memotong rumput seketika ketika alat ini melewati rumput-rumput yang sudah panjang. Sebenarnya, ada 2 jenis alat pemotong rumput, yakni trimmer dan edger. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memotong rumput yang tumbuh memanjang di kebun atau pekarangan, namun terdapat sedikit perbedaan dalam lokasi penggunaannya. Bila Trimmer merupakan alat pemotong rumput untuk rumput yang tumbuh di tanah langsung, Edger merupakan alat pemotong rumput yang biasanya digunakan untuk memotong rumput yang tumbuh di antara jalan setapak, batu hampar, dan permukaan keras lainnya.

  • Gunting Rumput

Bila Anda ingin alat pemotong rumput yang bekerja secara manual, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih gunting rumput. Gunting rumput ini selain bisa digunakan untuk memotong rumput, bisa juga digunakan untuk memangkas tanaman dan pepohonan yang sudah sangat lebat. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena gunting rumput ini ukurannya cukup besar dan tajam.

  • Spreader

Sesuai namanya, spreader adalah alat yang dapat membantu Anda menyebarkan benih tanaman, pupuk, dan zat penyubur lain. Dengan alat ini, maka proses penyebaran pupuk dan benih bisa dilakukan lebih cepat. Alat ini memiliki pegangan berbentuk engkol. Di bagian bawah spreader, terdapat lubang yang dapat diisi denga benih atau pupuk yang akan disebarkan pada kebun atau pekarangan Anda. Bila kebun di rumah Anda tergolong luas, maka pertimbangkan untuk menggunakan drop spreader. Bila pada hand spreader atau spreader biasa pupuk dan benih bisa tercecer dimana saja, maka dengan drop spreader ini Anda bisa menentukan kapan material tersebut akan dijatuhkan dari alat tersebut. Sehingga, pupuk atau benih yang akan disebar menjadi jatuh di tempat tertentu dan Anda bisa memberi jarak antara satu titik dengan yang lain. Alat ini sangat sesuai bagi Anda yang tengah memulai untuk menyebarkan benih di kebun.

  • Lawnmover

Lawnmover merupakan peralatan berkebun yang wajib dimiliki bagi mereka yang meiliki kebun yang luas. Prinsip kerjanya sebenarnya sama saja dengan Trimmer, hanya saja Trimmer akan lebih cocok digunakan untuk kebun yang tak terlalu luas. Untuk kebun yang cukup luas, maka penggunaan Lawnmover lebih tepat. Tipe serta ukuran Lawnmover sangat bervariasi dan Anda bisa menyesuaikannya dengan seberapa luas kebun di rumah Anda. Untuk pekarangan yang tak terlalu luas, lebih baik gunakan push lawnmower.

  • Garpu Penggaruk

Garpu penggaruk merupakan alat perkebunan yang serba guna. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengumpulkan daun-daun yang berguguran serta sampah-sampah lain yang berserakan di kebun. Anda bisa juga menggunakan ini untuk menyingkirkan kerikil dan batuan-batuan kecil lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *