Home » Koleksi Barang » Peralatan Berkebun : Sprayer

Peralatan Berkebun : Sprayer

Alat penyemprot (Sprayer) merupakan salah satu peralatan berkebun dan bertani yang digunakan untuk membantu pekerjaan seperti penyiraman tanaman dan tentu saja sebagai alat bantu untuk memberikan pupuk daun dan menyemprotkan pestisida untuk pemberantas hama penyakit yang ada pada tanaman. Untuk cara kerja sprayer yang akan digunakan sebagai alat bantu untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman, yaitu dengan mencampur pestisida yang akan digunakan dengan air, dari bahan aktif pestisida yang terlarut dalam air kemudian kita gunakan untuk menyemprot tanaman (daun, tangkai, buah) dan sasaran semprot (hama-penyakit). Efesiensi dan efektivitas alat semprot ini ditentukan oleh kualitas dan kuantitas bahan aktif tersebut yang terkandung di dalam setiap butiran larutan tersemprot (droplet) yang melekat pada objek dan sasaran semprot.

Berdasarkan tenaga yang digunakannya alat penyemprot dibedakan menjadi alat penyemprot dengan tenaga tangan (hand sprayer), dan alat penyemprot dengan pompa tekanan tinggi. Kinerja sprayer sangat ditentukan oleh kesesuaian ukuran droplet aplikasi yang dapat dikeluarkan dalam satuan waktu tertentu sehingga sesuai dengan ketentuan penggunaan dosis pestisida yang akan disemprotkan. Dari hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis sprayer yang banyak digunakan petani di lapangan adalah jenis hand sprayer (tipe pompa), namun hasilnya kurang efektif, tidak efisien dan mudah rusak. Komponen-komponen sprayer yang sering mengalami kerusakan tersebut antara lain : tabung pompa bocor, batang torak mudah patah, katup bocor, paking karet sering sobek, ulir aus, selang penyalur pecah, nozzle dan kran sprayer mudah rusak, tali gendong putus, sambungan las korosi, dan sebagainya.

Fungsi utama peralatan berkebun sprayer adalah untuk memecahkan cairan yang disemprotkan menjadi tetesan kecil (droplet) dan mendistribusikan secara merata pada objek yang dilindungi.

Kegunaan khusus sprayer sebagai berikut :

  • Menyemprotkan insektisida untuk mencegah dan memberantas hama.
  • Menyemprotkan fungisida untuk mencegah dan memberantas penyakit.
  • Menyemprotkan herbisida untuk mencegah dan memberantas gulma.
  • Menyemprotkan pupuk cairan.
  • Menyemprotkan cairan hormon pada tanaman untuk tujuan tertentu.

    Baca Juga: Jenis-Jenis Peralatan Berkebun Dan Fungsinya

Sprayer untuk keperluan pertanian dikenal dengan 3 jenis sprayer, yakni :

  • Knapsack Sprayer

Knapsack sprayer atau dikenal dengan alat semprot punggung. Sprayer ini paling umum digunakan oleh petani hampir di semua areal pertanian padi, sayuran, atau diperkebunan.

  • Motor Sprayer

Sprayer jenis ini menggunakan mesin sebagai tenaga penggerak pompanya yang berfungsi untuk mengeluarkan larutan dalam tangki. Cara penggunaan motor sprayer bervariasi tergantung jenis dan mereknya, antra lain digendong di punggung, ditarik dengan kendaraan, diletakan di atas tanaH, dibawa pesawat terbang, dan sebagainya. Contoh motor sprayer adalah mist blower power sprayer, dan boom sprayer.

  • CDA Sprayer

Berbeda dengan 2 jenis sprayer sebelumnya, CDA sprayer tidak menggunakan tekanan udara untuk menyebarkan larutan semprot ke bidang semprot sasaran, melainkan berdasarkan gaya grafitasi dan putaran piringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *