Home » Tanaman » Peralatan Berkebun : Berkebun Menjadi Menyenangkan

Peralatan Berkebun : Berkebun Menjadi Menyenangkan

Banyak orang yang menyebut berkebun sebagai hobinya. Tapi, tidak semua orang benar-benar bisa tekun untuk berkebun. Ada saja masalah yang muncul ketika ingin berkebun, misalnya kekurangan waktu, lahan, kurang terampil, tidak ada peralatan berkebun atau malas. Jangan khawatir di bawah ini akan dijabarkan beberapa hal yang bisa membuat berkebun jadi menyenangkan, dan juga mudah.

  • Peralatan berkebun ini wajib kalian miliki

Sekop, garpu tanah, scateur, weeder, cangkul, sarung tangan, bahkan sampai cultivator sebaiknya kamu miliki. Akan sulit menanam dan merawat tanaman tanpa alat-alat tersebut.

  • Ucapkan selamat tinggal pada pinggang pegal-pegal

Bangku bisa sangat membantu. Kalian jadi bisa lebih santai mengurus tanaman pendek di kebun kalian. Apalagi, sekarang sudah ada bangku yang berdoa. Kalian tinggal geser-geser sedikit tanpa harus tunduk-bangun-tunduk sampai pinggang pegal-pegal.

  • Alas lutut untuk badan yang lebih bugar

Selain bangku, kalian juga bisa memilih knee pads yang bentuknya mirip bangku yang diterbalikan ini. Tidak perlu khawatir lutut sampai punggung kamu akan sakit karena terlalu lama mengurusi tanaman. Alas lutut ini sangat nyaman dan kuat menopang massa tubuhmu.

  • Penerangan hemat energi berkat tenaga surya

Ini juga penting, kalian pasti butuh penerangan untuk kebun atau taman kalian. Tapi, jangan sampai tagihan listrik membeludak gara-gara ini. Solusinya, kalian bisa coba gunakan lampu bertenaga surya. Selain hemat energi, lampu bertenaga surya ini juga bisa mempercantik kebunmu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Peralatan Berkebun Dan Fungsinya

  • Sprinkler untuk tanaman yang selalu segar

Mau sesibuk apapun kalian, jangan sampai lupa menyiram tanaman. Pembawa air itu berat. Kalian bisa manfaatkan sprinkler tangan yang dipasangkan pada selang air atau juga sprinkler yang ditanam di tanah. Tinggal diatur jadwal menyiram secara otomatis.

  • Pangkas rumput yang membandel

Rumput liar bisa mengganggu tanaman-tanaman. Makanya, mereka harus segera dipangkas. Tapi, jangan dipangkas dengan menggunakan gunting biasa. Harus menggunakan alat khusus. Selain pakai gunting tanaman, kalian juga bisa gunakan mesin pemangkas rumput yang gampang banget dioperasikan.

  • Wujudkan greenhouse impian di dalam rumah

Tidak perlu pusing cara membangun rumah kaca impianmu. Sekarang sudah ada rumah kaca kecil yang bahkan bisa kamu pindah-pindahkan di dalam rumah. Ada yang berbentuk kotak terbuat dari kaca ada juga yang berbentuk seperti tudung saji yang berlapis plastik. Mau yang mana pun, banyak yang bisa tumbuh subur.

Bagaimana, 7 hal di atas akan membuat berkebun menjadi tidak repot dan capek kan? Panas matahari atau sakit pinggang dan punggung juga tak lagi menjadi hadangan. Jadi, berkebun bisa benar-benar santai. Jadi, tunggu apa lagi? Sulap halaman depan menjadi kebun asri dengan mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *