Home » Resep » Pengobatan Berbagai Macam Penyakit Dengan Menggunakan Tanaman Obat

Pengobatan Berbagai Macam Penyakit Dengan Menggunakan Tanaman Obat

Pengobatan alternatif menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia dikala sakit. Namun manfaat dari obat herbal dari tanaman obat tersebut belum bisa menggantikan peran dokter pada pengobatan secara medis. Tumbuhan herbal perlu dikembangkan lebih lanjut agar semakin terasa manfaatnya. Dimana pada hampir seluruh bagian dari tanaman dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman herbal, yang harus Anda ketahui.

Pengobatan Berbagai Macam Penyakit Dengan Menggunakan Tanaman Obat

Tanaman herbal untuk menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sering menyerang orang berusia lanjut. Beberapa tanaman dan bahan herbal dianggap dapat mencegah dan mengurangi tekanan darah. Contohnya adalah jahe, bawang putih, dan kapulaga. Jahe dapat memperlancar peredaran darah dan melemaskan otot -otot pembuluh darah. Bawang putih dapat membantu melemaskan pembuluh darah. Kapulaga berfungsi untuk mengurangi tekanan darah dan kaya akan antioksidan.

Pengobatan herbal untuk Diabetes

Penderita diabetes memiliki ketidakmampuan untuk memproduksi insulin dan mengendalikan kadar insulin dalam darah. Maka dari itu kebanyakan, pasien diabetes disarankan untuk makan makanan sehat dan rajin berolahraga, seringkali dokter juga menyarankan untuk menggunakan suntik insulin dan beberapa obat-obatan. Namun beberapa pengobatan tradisional dapat dijadikan alternatif dalam penyembuhan penyakit yang satu ini. Beberapa diantaranya adalah ginseng, kayu manis, teh hijau, dan kunyit yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

Namun belum banyak penelitian ilmiah mengenai manfaat dan efektivitas tanaman obat tersebut. Ginseng diklaim dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan biasanya digunakan pada penderita diabetes tipe 2 serta dapat meningkatkan kepekaan insulin. Kayu manis dianggap dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi orang yang berpuasa pada penderita diabetes. Sedangkan teh hijau dianggap mampu mengurangi kadar gula darah. Pada beberapa studi, orang yang rutin meminum teh hijau setiap hari selama 10 tahun memiliki resiko lebih rendah 33% terserang diabetes

Penyembuhan Rheumatoid arthritis (RA) dengan bahan herbal

Rheumatoid merupakan penyakit sendi yang menyebabkan sendi sakit, bengkak, dan kaku. Tanaman obat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ini adalah cabai, minyak ikan, kunyit, jahe, dan ekstra teh. Zat dalam cabai yakni capsicum dipercaya mampu mengurangi rasa sakit pada penderita. Minyak ikan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Kunyit memiliki zat yang mampu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Selain itu, mengonsumsi jahe dapat meringankan gejala dan memberikan perlindungan pada sendi. Ekstrak teh juga ampuh untuk mencegah dan mengurangi gejala Rheumatoid arthritis ini.

Pengobatan alternatif dengan menggunakan obat-obatan herbal memang dipercaya dapat mengobati penyakit tersebut. Namun untuk sembuh, pasien perlu menerapkan gaya hidup sehat pula. Baik dengan makan makanan bergizi maupun maupun dengan berolahraga secara rutin.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *