Home » Peluang Bisnis » Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga di jaman sekarang tidak hanya mengurus pekerjaan di rumah saja, namun sekarang sudah terbuka peluang usaha untuk ibu rumah tangga tanpa harus meninggalkan pekerjaan dirumah. Menjadi ibu rumah tangga memang pekerjaan yang super sibuk. Namun jangan salah, ternyata dibalik kesibukannya ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis.

Misalnya: Jika ibu mengikuti kursus senam, arisan atau selalu antar jemput dan menunggu anak di sekolah ternyata bisa dijadikan menjalankan bisnis sampingan. Peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah : menjadi agen asuransi, direct selling, jualan barang, dan masih banyak bisnis lainnya yang bisa dilakukan dan dikembangkan menjadi usaha sampingan.

Masalah modal, jangan khawatir karena ada beberapa jenis bisnis yang tidak banyak mengeluarkan modal bahkan ada jenis bisnis yang tidak perlu modal sama sekali. Memilih jenis bisnis yang tepat bisa disesuaikan dengan apa yang Anda sukai atau kuasai.  Misalnya: jika Anda hobi masak, bisa menjalankan bisnis kuliner atau jika Anda menguasai teknik marketing bisa bergabung bersama agen asuransi.

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat sibuk. Jika pekerjaan ibu sekaligus harus menjalankan usaha tentu bukanlah hal yang mudah. Dua pekerjaan tersebut masing-masing harus berjalan tanpa ada yang dikorbankan.

Agar keduanya bisa berjalan dengan baik, diperlukan manajemant waktu yang tepat dan dilakukan dengan disiplin. Kendala ibu yang menjalankan bisnis adalah minimnya waktu. Saat pertama kali menjalankan bisnis ada banyak ibu yang kelabakan. Nah, agar semuanya berjalan lancar, ibu harus pandai memanaj waktu dan memberikan pegertian kepada keluarga (suami dan anak).

Baca Juga: 2 Aneka Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas

  • Manajemen yang Baik

Manajemen yang baik bisa menyangkut manajeman waktu dan keuangan. Seorang ibu yang sekaligus menjalankan usaha harus pandai membagi dan menggunakan waktu untuk usaha dan keluarga.

Selain itu mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah karena selain mengatur keuangan keluarga juga harus mengatur keuangan bisnis. Jangan sampai keduanya campur aduk, jadi pintar-pintarlah mengelola dan mengatur keuangan kedua-duanya.

  • Peran Suami dan Anak

Peran suami sangat besar menentukan keberhasilan usaha membantu, apalagi jika suami adalah tipe yang sangat terbuka dan bersedia membantu pekerjaan rumah. Berilah tempat untuk suami untuk berdiskusi, cobalah terbuka apa yang menjadi kendala. Dengan harapan suami bisa membantu bersama-sama mencari solusi. Berikan pengertian kepada anak apa yang sedang Anda kerjakan. Walaupun anak masih kecil ia akan mengerti apa yang sedang dikerjakan ibunya.

Menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga bisa menjadi solusi bagi ibu yang terbiasa bekerja. Selain itu bisa membantu kondisi ekonomi keluarga. Ada banyak peluang usaha ibu rumah tangga yang berpeluang dijalankan tanpa mengganggu tugas dan kewajiban sebagai ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *