Home » Peluang Bisnis » PELUANG USAHA DARI HOBI

PELUANG USAHA DARI HOBI

Mencari pekerjaan tidak seperti membalikkan telapak tangan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki skill tertentu. Yang mereka harapkan pada akhirnya adalah mendapatkan peluang kerja di sebuah perusahaan dengan posisi umum, yang bisa dipelajari dalam waktu singkat dan bisa dikerjakan oleh semua orang. Tapi kalau Anda memiliki skill, maka silakan Anda membuka peluang usaha dari hobi. Ini bisa sangat berguna awalnya untuk Anda, tapi lambat laun hal ini bisa menjadi peluang bagi orang lain yang membutuhkan pekerjaan.

Peluang usaha dari hobi ini bentuknya sangat beragam, kembali pada hobi yang Anda sukai selama ini. Berikut akan kita bahas dari 3 jenis hobi yang bisa menghasilkan uang:

  • Menulis dan membaca

Menulis adalah hobi yang banyak disukai banyak orang. Tapi seorang yang menyukai menulis, biasanya dibarengi dengan hobinya membaca. Dua hobi tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Orang yang terbiasa membaca, akan banyak perbendaharaan kata. Ini sangat membantu sekali untuk melanjutkan hobi menulis.

Dua hobi ini akan digiring pada profesi sebagai penulis. Kalau Anda ingin menjadi penulis skenario, maka Anda diwajibkan untuk melakukan hobi satu lagi, yaitu menonton film sebanyak-banyaknya. Profesi penulis lainnya seperti novelis, blogger, dan penulis artikel pun harus melakukan hobi tersebut ditambah dengan pengetahuan dari semua jenis pekerjaan yang nantinya akan terkait dengan tulisan apa yang sedang dibuatnya.

  • Membuat kue

Yang hobi makan kue, biasanya cenderung suka membuat kue. Karena ini juga cara menekan biaya pengeluaran atas makanan yang akan Anda makan. Kalau Anda mempunyai hobi seperti ini, bukan hanya Anda tidak perlu lagi jajan makanan di luar, melainkan pula Anda bisa menghasilkan uang dari penjualan kue. Kalau pun Anda tidak mau menjual kue, Anda bisa menjadi tutor pembuat kue dan dibayar.

Bukankah itu artinya selain menjalankan hobi, Anda juga menularkan hobi Anda pada orang lain? Antara membuat kue dan menjadi tutor pembuatan kue, sama-sama menghasilkan uang, selama dilakukan dengan cara professional.

  • Menjahit

Hobi Anda yang awalnya hanya sekadar jahit-menjahit yang simple itu, bisa menjadi peluang usaha untuk Anda ketika Anda melirik usaha konveksi. Mungkin awalnya, hasil kreasi Anda hanya dipakai Anda atau anak serta keponakan Anda, tapi dengan memperlihatkan hasil kreasi tersebut, tidak menutup kemungkinan saudara dan teman Anda tertarik. Mereka menginginkan Anda membuatkan barang serupa untuk mereka gunakan atau hadiahkan ke orang terdekat mereka.

Dari hobi menjahit pun Anda bisa membuka kelas menjahit untuk siapapun yang ingin bisa menjahit dan akhirnya memiliki usaha yang dibuat dengan jahitan pula. Contohnya; pakaian dan tas yang semakin banyak disukai, terutama perempuan.

Dari 3 peluang usaha dari hobi di atas, manakah yang menjadi bagian dari diri Anda? Kalau ada salah satunya, mungkin Anda bisa memfokuskan untuk memperbesar kemampuan Anda. Kalau tidak ada, Anda bisa mencoba dengan hobi lainnya yang bisa menghasilkan uang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *