Home » Hobi ekstrim » Pecinta Alam: 4 Hal Wajib Tahu Sebelum Mendaki Gunung

Pecinta Alam: 4 Hal Wajib Tahu Sebelum Mendaki Gunung

Ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh para pecinta alam namun yang paling populer adalah mendaki gunung yang tentunya dikenal oleh siapa saja. Mendaki gunung bahkan sudah menjadi rutinitas bagi kalangan mahasiswa yang bergabung di dalam Mapala di tempatnya kuliah. Mapala sendiri merupakan kegiatan outdoor yang sering diisi dengan pendakian gunung. Kegiatan mendaki gunung memang memiliki banyak resiko namun disamping itu juga memberikan manfaat yang tidak sedikit, asalkan dipersiapkan dengan baik maka segala resiko bisa ditekan.

Hal-hal Wajib Tahu Supaya Aman Saat Mendaki

Sebelum melakukan pendakian gunung tentu ada beragam persiapan yang dilakukan demi menunjang kegiatan ini tetap aman dan menyerap semua manfaat yang diberikan. Sebagai bagian dari mahasiswa yang mencintai alam maka sebelum mendaki baiknya ketahui dulu beberapa hal wajib tahu berikut ini:

  • Baiknya cari tahu kondisi lokasi,

Sebagai antisipasi atas kejadian yang tidak diinginkan maka baiknya mencari tahu dulu kondisi tempat yang akan dituju. Misalnya hendak mendaki gunung A minggu depan maka saat ini juga bisa mengais informasi mengenai kondisinya seperti apa. Sebab beberapa tempat dikenal rawan ada pula yang tidak, kalau sudah tahu setidaknya bisa menyiapkan segala hal lebih dini.

  • Rutin melakukan olahraga,

Sebagai langkah pemanasan sebelum terjun langsung menjadi pecinta alam untuk mendaki gunung yang sudah ditentukan, maka baiknya rutin melakukan olahraga. Terlebih olahraga kardio yang membantu meningkatkan kinerja jantung dan melancarkan peredaran darah. Sebab selama mendaki gunung dijamin memerlukan stamina baik dengan kardio yang kuat, kalau tidak dilatih sejak dini maka resikonya tinggi. Alangkah baiknya menikmati olahraga kardio di rumah atau bersama teman-teman lain di Mapala.

  • Jangan lupa membawa pakaian hangat,

Gunung manapun dijamin membangun sebuah iklim yang sejuk dan semakin ke puncak maka akan semakin dingin. Semakin tinggi puncak suatu gunung tidak menutup kemungkinan bisa tertutup oleh salju. Nah, mengetahui kondisi ini dianjurkan sekali memakai pakaian hangat selama pendakian dilakukan. Semakin tebal semakin baik untuk menghindari hipotermia selama mendaki dan beresiko kematian. Selain pakaian wajib pula memakai sepatu khusus untuk mendaki gunung sehingga mendukung tubuh melakukan pendakian.

  • Membawa obat-obatan dan peralatan masak,

Selama mendaki gunung maka dijamin akan jauh dari yang namanya tempat pelayanan kesehatan meski puskesmas sekalipun. Otomatis para pendaki wajib sekali membawa perlengkapan P3K sendiri selama perjalanan ekstrim tersebut. Sebab selama perjalanan tidak menutup kemungkinan terjatuh, terkena ranting dan berdarah, dan lain sebagainya. Mengatasi luka yang muncul maka perlu P3K segera dan bawa perlengkapan tersebut secara lengkap. Selain itu sebagai pecinta alam yang tengah mendaki gunung juga wajib membawa peralatan masak, toh tidak mungkin ada warung di atas gunung.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *