Home » Hobi Menyehatkan » Panjat Tebing Dapat Meningkatkan Kekuatan Otot dan Daya Tubuh Anda

Panjat Tebing Dapat Meningkatkan Kekuatan Otot dan Daya Tubuh Anda

Olahraga bebas seperti panjat tebing atau dikenal pula dengan istilah rock climbing tentu menjadi kegiatan favorit banyak orang. Kegiatan olahraga bebas satu ini sedikit berbeda dengan mendaki gunung sebab kegiatan ini memerlukan tambahan alat khusus. Sementara saat mendaki gunung tentu tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dinikmati sambil berjalan kaki. Sekilas, aksi rock climbing memang berbahaya dan aktualnya memang demikian. Sebab mengandalkan alat pengaman berupa kait dan tali maka tebing-tebing tinggi dan curam di daki sampai ke puncak.

Manfaat Rutin Melakukan Rock Climbing

Sebagai kegiatan outdoor yang terbilang ekstrim, tentu menjadi sebuah kegiatan yang punya banyak manfaat sampai banyak orang menyukainya. Bagi pemula bisa memanfaatkan dinding yang sudah didesain untuk latihan rock climbing biasanya ada di kampus-kampus. Intinya melalui kegiatan outdoor ini beberapa manfaat berikut bisa dikantongi:

  • Meningkatkan kekuatan otot,

Aksi memanjat sebuah tebing tentu melatih tubuh pelakunya untuk mampu menopang berat badan melawan gravitasi. Perlahan pelakunya akan memperoleh otot yang kuat baik otot di tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Massa otot pun akan meningkat namun sekaligus rekreasi karena dilakukan di alam bebas.

  • Daya tahan tubuh akan meningkat,

Supaya mampu menyelesaikan panjatan tebing yang dipilih tentu pelaku panjat tebing memerlukan stamina yang baik. Daya tahan yang optimal akan meringankan beban pemanjat untuk sampai ke titik puncak sebuah tebing. Maka perlahan penikmat olahraga bebas ini mampu memperbaiki kualitas daya tahan tubuhnya. Sebab melakukan aktifitas fisik yang memang membakar banyak kalori, serta dilakukan di alam terbuka. Manfaat ini tentu baik untuk menghindari gangguan penyakit jenis apapun, sehingga patut dicoba.

  • Membantu mengoptimalkan koordinasi organ tubuh,

Setiap tebing memiliki bentuk alami yang khas sehingga menyajikan tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Seorang pemanjat tentu perlu paham teknik untuk mencari celah supaya bisa naik ke puncak dengan mudah. Koordinasi antara tangan dan juga kaki sangat diperlukan untuk bisa mencapai puncak dengan lebih mudah. Maka bisa disimpulkan bahwa olahraga bebas ini membantu penikmatnya untuk melatih koordinasi organ tubuh. Tangan dan kaki akan semakin kuat pula, sehingga bisa menikmati aktifitas apapun.

  • Meningkatkan kualitas kerja organ jantung,

Secara sederhana ketika pemanjat melakukan aksinya maka jantung pun akan berusaha memompa darah ke seluruh bagian tubuh secara maksimal. Hal ini dilakukan untuk memastikan kekuatan otot di seluruh tubuh terjaga dengan baik. Sekaligus mampu melatih kardio tubuh secara optimal, sehingga menjadi teknik terbaik untuk melatih sistem pernafasan dan melancarkan peredaran darah. Sebab semakin rutin melakukan panjat tebing kinerja jantung semakin baik dan resiko terjadi penyumbatan pembuluh darah bisa dihindari, maka bisa memberikan jantung yang sehat.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *