Home » Koleksi Barang » Merk – merk Sepeda Ontel

Merk – merk Sepeda Ontel

Sore itu, di jalan sekitaran pematang sawah, tampak beberapa orang berseliweran dengan sepeda tuanya. Dengan senyum mengembang, menyapa orang yang berpapasan dan terlewati. Tidak nampak kelelahan atau wajah lelah akibat beban hidup.  Padahal pasti sudah sangat lelah habis bekerja disawah atau ladang. Yang ada kebahagiaan dibalik kesederhanaan. Itulah yang tergambar jika mendengar kata sepeda ontel. Disamping jelas bahwa itu sepeda tua peninggalan jaman penjajahan dulu. Pada umumnya orang – orang mengenalnya hanya ontel saja, padahal sebenarnya  merk – merk  sepeda ontel  ada beberapa macam. Mungkin hanya orang –orang jaman dulu atau pecinta ontel yang mengetahuinya lebih detail tentang hal ini.

Merk – merk Sepeda Ontel

Pada masa jayanya yaitu pada jaman penjajahan sampai periode tahun 1960 akhir, sepeda ontel dipakai oleh masyarakat perkotaan. Bahkan dulu jaman penjajahan, sepeda ini salah satu lambang prestise. Setidaknya ada 3 merk yang umum dipakai saat itu.

  • Simplex

Sepeda ontel ini diproduksi oleh Simplex Automatic Machine Company  di Belanda. Pendirinya sendiri bukan orang Belanda, tapi seorang yang berkebangsaan Inggris yaitu Charles Bingham. Perusahaan tersebut berdiri pada tahun 1887 tapi baru mulai memproduksi sepeda secara utuh pada 1890. Pada periode itu produksi sudah mencapai 5000 sepeda. Kepindahannya ke Amsterdam pada tahun 1896 menjadikan Simplex  menjadi pabrik sepeda terbesar di Amsterdam.

Pada tahun 1899 pabrik ini berganti nama menjado NV Simplex. Dari sini Simplex berkembang pesat. Pada periode – periode inilah penjajah membawa sepeda ini ke Indonesia yang saat itu masih jajahan Belanda. Sepeda – sepeda inilah yang bertahan sampai ada yang tesisa sekarang.

Baca Juga:Tips Membeli Sepeda Ontel

Jika anda melihat lambang S pada sebuah ontel maka bisa dipastikan itu adalah Simplex.

  • Veeno

Dengan lambang bulatan dengan tulisan Veeno  di tengahnya, selain tulisan lainnya, itulah sepeda ontel Veeno. Veeno sendiri singkatan dari Van der Veen dan ekstensi “o”.  Didirikan pada tahun 1917 walaupun sebelumnya sudah memproduksi sepeda, tapi belum menggunakan merk dagang Veeno. Selumnya menggunakan nama Bedum, tapi tidak diijinkan karena nama dari suatu daerah.

Pada tahun 1920 perusahaan berubah  menjadi public limited company  yaitu N. V. Rijwielenfbariek  Veeno. Perusahaan terus berkembang sampai akhirnya dinyatakan bangkrut pada tahun 1967.

  • Gazelle

Sepeda ontel Gazelle diproduksi di Belanda pertama kali pada tahun 1902 oleh pabrik yang didirikan oleh Willem Kolling dan Rudolf Arentzen. Walaupun pada akhirnya Arentzen mengundurkan diri dan diganti oleh Hendrik Kolling, saudara William Kolling.

Perusahaan berkembang pesat setelah mengganti nama menjadi N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling. Gizelle kemudian mengambil alih merk Simplex, Juncker dan Locomotie pada tahun 1968.

Sebenarnya masih ada merk lainnya, kita bahas lain waktu.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *