Home » Mainan » Mengulas Tentang Permainan Tradisional Yoyo yang Unik

Mengulas Tentang Permainan Tradisional Yoyo yang Unik

Untuk anak-anak tahun 90an, pasti tidak asing dengan bermacam-macam permainan tradisional. Sebuah permainan yang dahulu sangat banyak yang meminatinya, semakin lama surut karena majunya teknologi. Bahkan, untuk anak SD pun sekarang sudah banyak yang memiliki smartphone. Jadi, mereka tidak akan tertarik dengan apa itu permainan tradisional. Apalagi yang disebut dengan yoyo. Sangat jarang anak yang datang ke sekolah dengan membawa mainan itu. Bahkan, mungkin tidak ada lagi.

Sebuah sejarah yang membuktikan adanya mainan ini, ditemukan yang terbuat dari bahan semacam keramik yaitu gerabah. Setelah diteliti, ternyata merupakan peninggalan sejarah sekitar 500 tahun sebelum masehi. Cerita pada saat itu, bahwa mainan yang terbuat dari lempengan gerabah ini adalah mainan seorang anak yang digunakan untuk sebuah acara atau adat keagamaan tertentu. Dipercayai pada saat itu bahwa mainan ini menyimbolkan bahwa seorang anak tersebut mencapai usia kedewasaan

Mainan tradisional ini dipopulerkan oleh orang Amerika yang memiliki sebuah perusahaan mainan. Dia adalah seorang keturunan Filipina yang bernama Pedro Flores yang tinggal di California tahun 1928. Melalui perusahaan inilah mainan ini di produksi sangat banyak dan secara besar-besaran. Kemudian banyak muncul permainan ini di era modern. Permainan ini sempat mengalami masa kejayaan, dan juga keterpurukan pada saat perang dunia

Adapun cara memainkan yoyo adalah sebagai berikut:

Baca Juga:4 Kelebihan yang Dimiliki Permainan Tradisional Sehingga Wajib Dikenalkan ke Anak

  • Pertama, lilit dengan tali yang ada di celah mainan. Lilit kan sampai talinya habis, dan tinggalkan ujung talinya.
  • Kemudian, ujung tali yang biasanya diberi kait, diikatkan atau dikaitkan pada salah satu jari bisa pada jari telunjuk, atau bisa juga pada jari tengah.
  • Kemudian kepala mainan ini dilemparkan ke bawah. Biasanya untuk mainan yang bagus dan seimbang ikatannya, dia akan berputar dengan sendirinya saat di bawah.
  • Kemudian sedikit hentakan tali kearah naik, maka mainan dengan sendirinya akan naik kearah atas.

Mainan ini yang dibuat pada masa sekarang, telah banyak sekali mengalami perubahan teknologi. Dan yang paling utama adalah pengembangan teknologi pada poros as-nya. Dengan adanya teknologi yang baru, sekarang mainan ini mampu berputar secara bebas dengan waktu yang lebih lama. Ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi yang mampu membuat poros mainan ini dengan sangat signifikan mengalami pengurangan gaya gesekan. Berkurangnya gaya gesekan pada mainan ini dengan tali, jelas membuat mainan ini dapat berputar bebas dengan waktu yang sangat lama. Perkembangan tersebut juga berpengaruh dengan berkembangnya beberapa tehnik permainan tradisional ini. Karena yoyo yang modern bisa berputar dengan sangat bebas dan lama. Maka dari itu, muncul berbagai macam cara satu tehnik untuk memainkan permainan tradisional ini. Yang pada akhirnya melahirkan beberapa perlombaan permainan tradisional ini di seluruh dunia.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *