Home » hobi » Mengulas Tentang Pemain-pemain Bulutangkis Legenda Indonesia

Mengulas Tentang Pemain-pemain Bulutangkis Legenda Indonesia

Bulutangkis atau lebih dikenal dengan sebutan badminton merupakan cabang olahraga permainan yang sangat populer di Indonesia. Indonesia pernah memiliki masa-masa emas dengan cabang olahraga satu ini. Berbagai piala penghargaan dari dunia internasional di dapatkan sehingga menempatkan Indonesia sebagai negara gudangnya pemain badminton. Bagi remaja jaman sekarang, mungkin tak terlalu ingat atau bahkan tidak mengenal legenda badminton yang telah lebih dahulu mengharumkan nama bangsa sebelum munculnya Taufik Hidayat. Berikut ini adalah beberapa nama yang tak boleh dilupakan dalam perjalanan badminton di Indonesia.

 Mengulas Tentang Pemain-pemain Bulutangkis Legenda Indonesia

  • Rudi Hartono.

Merupakan pemain kebanggan Indonesia di tahun 1980an dimana namanya tercatat dalam sejarah buku Guiness World of Record karena memenangkan kejuaraan badminton paling bergengsi se dunia untuk kejuaraan tunggal yaitu All England. Bukan hanya sekali namun Rudi Hartono memenangkan kejuaraan ini hingga 8 kali. Selain itu Rudi juga memperkuat Thomas Cup dan memenangkan title man single sebanyak 4 kali. 

  • Liem Swie King.

Nama Liem Swie King juga tercatat dalam buku dunia di Badminton Hall of Fame 2004. Merupakan pemain yang bisa dikatakan mewarisi kejayaan Rudi Hartono di jamannya. Meski tak sebanyak Rudi, namun Liem berhasil memenangkan All England sebanyak 4 kali dan berbagai kejuaraan lainnya seperti Thomas Cup, Asian Games dan Sea games.

  • Christian Hadinata.

Nama Christian tenar berkat kerja kerasnya di cabang beregu putra. Siapapun pasangannya, Christian bisa memadukan kekuatan sehingga memenangkan kejuaraan. Sama seperti pendahulunya, ia dan parnernya berhasil mengumpulkan medali men double di kejuaraan All England, Sea Games, Thomas cup dan kejuaraan dunia bulutangkis. 

  • Alan Budi Kusuma.

Nama Alan tak boleh dilupakan pada sejarah badminton karena ia merupakan pemain pria tunggal pertama asal Indonesia yang berhasil menyabet piala emas Olypiade di Barcelona 1992. Dengan prestasinya di Olympiade tersebut Alan dianugerahi Tanda Bintang Kehormatan dari Pemerintah RI.

  • Susi Susanti.

Tak melulu pria, namun Indonesia juga memiliki legenda badminton putri. Nama Susi Susanti merupakan nama pertama asal Indonesia yang memenangkan emas di Olympiade Barcelona 1992 pada tunggal putri. Selain itu, Susi juga menyumbangkan banyak medali termasuk 6 kali juara dunia dan piala Uber cup. 

Selain nama-nama tersebut di atas, Indonesia masih memiliki segudang pemain berbakat di jamannya. Kini legenda bulutangkis tersebut sudah pensiun namun juga ada yang membuktikan hidupnya sebagai pelatih untuk generasi berikutnya. Diharapkan pemain yang ada sekarang ini bisa memberikan prestasi untuk menyamai prestasi pendahulunya sehingga badminton masih menjadi cabang olahraga sarat prestasi di Indonesia. memang perlu kerja keras mengingat kejuaraan Thomas Cup dan Uber cup yang baru saja dilaksanakan tahun ini, Indonesia tak membawa satu gelarpun, namun dengan kerja keras dan doa seluruh negeri, prestasi atlet bisa ditingkatkan.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *