Home » Hobi ekstrim » Mengenal  Stefan Everts, Legenda Motor Cross Dunia

Mengenal  Stefan Everts, Legenda Motor Cross Dunia

Anda tentu tidak asing dengan olahraga ekstrim yang satu ini. Olah raga yang mengkombinasikan antara nyali, skill dan performa motor ini memang sangat terkesan sebagai olah raga laki – laki sekali. Walaupun ternyata banyak juga dilakukan oleh wanita. Kejuaraan dunia motor cross sendiri sudah dilangsungkan sejak tahun 1952 dengan Victor Leloup, pembalap Jerman yang menjadi jawaranya.  Berbagai pembalap silih berganti menjadi jawaranya tiap tahun. Tapi setidaknya ada satu nama yang sangat layak untuk dicermati. Stefan Everts. Untuk itu mari mengenal Stefan Everts, legenda motor cross dunia.

Lahir di Bree,  Belgia pada 25 November 1972, Stefan Everts adalah legenda motor cross dunia. Darah balapnya ternyata bukan kebetulan. Bukan main –main, Stefan Everts adalah anak dari 4 kali Motorcross Word Champion, Harry Everts. Ibarat pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Kombinasi bakat dan gemblengan sang ayah, menjadikan Stefan Everts pembalap yang sangat tangguh.

Stefan Everts dikenal sebagai pembalap dengan gayanya yang sangat halus di atas motor.  Kontrol terhadap motornya sangat bagus, bahkan pada tikungan sekalipun.  Karirnya pada motor cross dimulai pada usia 17 tahun.  Saat itu ia melakukan debut dikelas 125cc pada kejuaran dunia. 2 tahun kemudian ia mendapatkan gelar pertamanya dikelas tersebut. Selanjutnya setelah bertahun – tahun mengikuti kejuaran dunia, ia akhirnya pensiun pada tahun 2006 dengan torehan gelar yang mencengangkan. Tidak kurang dari 10 gelar juara dunia motor cross dia raih. Itu terwujud setelah melalui 101 kemenangan GP. Prestasi luar biasanya yang membawanya menjadi legenda dunia.

Untuk mengetahui catatan prestasi legenda motor cross ini, ini dia daftarnya :

Rekor dan penghargaan

  1. 10 kali juara dunia
  2. 101 total kemenangan GP
  3. 14 dari 15 di menangkan pada satu musim yaitu 2006
  4. Menjadi orang kedua setelah Eric Geboers, Menjadi  “Mr 875cc” yaitu memenangkan gelar juara dunia 125/250/500cc)
  5. Ia memenangkan 3 GP (125, MXGP dan 650cc) pada hari yang sama di Ernee, Perancis, pada musim 2003.
  6. Ia juga rider satu – satunya yang menjadi juara dunia dengan menggunakan 4 motor pabrikan berbeda yaitu Suzuki, Kawasaki, Honda dan Yamaha.
  7. Ia juga menjadi olahragawan terbaik Belgia sebanyak 5 kali yaitu pada tahun 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2006.
  8. Ia juga mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award atas dedikasi dan prestasinya di dunia olaharaga motor cross.

Stefan Everts meninggalkan dunia  yang membesarkan namanya dengan kebanggaan.  Meskipun suatu saat mungkin saja rekornya ditumbangkan, tapi tetaplah tidak mudah untuk mencapai titik ini. Dan ketika waktu itu datang,ia akan tetap dikenang sebagai legenda.

 

Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *