Home » Hobi ekstrim » Mengenal Perlengkapan Surfing Bagi Pemula

Mengenal Perlengkapan Surfing Bagi Pemula

Sebagai salah satu jenis olahraga yang memacu adrenalin, surfing atau selancar butuh persiapan dan peralatan khusus. Selain butuh tempat khusus, surfing juga butuh papan selancar khusus yang sesuai. Jika tidak memilikinya sendiri, Anda bisa menyewa dari toko-toko di sekitar area surfing. Bagi Anda yang baru tertarik dan akan mencoba olahraga keren satu ini, tidak ada salahnya untuk mengenal perlengkapan surfing bagi pemula berikut ini.

Board  – papan selanjar

Ada tiga jenis papan selancar yang umum dikenal, dan dari ketiganya, hanya dua yang cocok untu pemula. Bagi Anda yang belum memiliki sendiri, dapat membeli atau menyewa di tempat-tempat yang biasanya menyediakan perlengkapan selanjar. Bagi Anda pemula, tetap butuh penyesuaian diri untuk terbiasa memakai papan ini.

Leash – tali di kaki

Tali ini biasanya menempel papan selancar dan diikat dengan kaki, dan berfungsi untuk melindungi agar tidak terpisah terlalu jauh dengan papan, saat kontak dengan ombak atau gagal menaiki ombak. Umumnya, panjangnya sama dengan panjang papan yang digunakan. Hindari tali yang terlalu panjang atau bahkan terlalu pendek, karena hanya akan menyusahkan.

Wax – lilin

Benda penting yang wajib Anda punya sebagai pasangan dari papan surfing. Untuk surfing di daerah tropis, pilih wax yang menyertakan keterangan untuk 27 derajat. Wax ini memiliki fungsi penting untuk menambah daya lekat ke papan selanjar dan menghindari licin.

Wax comb

Seperti namanya, sisir ini biasa dipakai untuk meratakan kembali wax dan membuat wax lama terangkat sehingga permukaan bisa menjadi lebih kasar. Alat ini sangat berguna jika suatu saat Anda pergi berselancar, tetapi lupa membawa wax.

Baca Juga:Jenis dan Bagian-Bagian Papan Surfing

Fins (sirip)

Alat ini dipasang di sisi papan, dan digunakan untuk mengatur laju dan arah papan selancar. Pemilihan jenis fins dapat disesuaikan dengan karakter ombak serta kekuatan ombak yang akan dihadapi. Kunci utama pemilihannya adalah rasa nyaman si pengguna.

Kunci fins (sirip)

Seperti namanya, alat ini biasa digunakan untuk membuka fins. Alat ini perlu jika Anda khawatir membawa papan seluncur dalam perjalanan jauh atau tempat sempit seperti kargo.

Rash Guard atau pakaian khusus surfing

Kaos ini memang bukan peralatan wajib untuk surfing. Tapi akan lebih baik jika Anda menggunakannya, karena dapat melindungi kulit dari bahaya terpaan sinar matahari langsung.

Boardshort – Celana pendek

Selain pakaian selancar, para peselancar biasanya juga memilih memakai celana pendek khusus ini. Bahan pembuatnya dari sejenis karet, sehingga sangat fleksibel. Di Indonesia sendiri, model street paling banyak dipilih karena enak digunakan dan mudah untuk bergerak.

Demikian tadi beberapa peralatan surfing yang harus dikenal oleh pemula. Anda bisa bertanya lebih jauh dan belajar lebih banyak dari instruktur dan pemilik toko peralatan surfing di daerah yang biasa digunakan untuk surfing. Selamat mencoba.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *