Home » Hobi ekstrim » Mengenal Peralatan Terjun Payung (Skydiving)

Mengenal Peralatan Terjun Payung (Skydiving)

Bagi Anda yang menyukai kegiatan atau olahraga yang memacu adrenalin bisa mencoba terjun payung (skydiving). Bagi penggemar olahraga ini tentu sangat menyenangkan bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari udara. Melayang-layang di angkasa, bercengkrama dengan awan memberikan kepuasan lebih.

Sejarah Singkat Terjun Payung

Tidak ada referensi yang jelas yang bisa dijadikan acuan pasti mengenai sejarah terjun payung. Namun sejumlah catatan yang ditemukan menjelaskan pada tahun 1617 Fauso Veranzio adalah orang pertama yang melompat dari menara di Venseia Italia.

Fausto Veranzio menggunakan alat yang mirip payung dan ia berhasil selamat mendarat. Sementara itu terjun payung di atas udara menggunakan balon udara pertama kali dilakukan oleh Andre Jacques Garnerin pada tahun 1797 di Paris Prancis.

Namun ada pula catatan yang menyebutkan bahwa pada tahun 1919 Leslie Irvin menyelamatkan dirinya dari maut dengan cara terjun dari pesawat yang mengalami kecelakaan di Inggris. Semenjak peristiwa itu Leslie Irvin mulai mengembangkan dan menyempurnakan teknologi sistem parasut.

Bagian – Bagian Parasut Terjun Payung

Olahraga yang memiliki resiko dan tantangan yang sangat besar ini adalah kegiatan terjun dari atas pesawat terbang dengan bantuan parasut yang dibentangkan. Melakukan olahraga ini lumayan menguras kocek, pasalnya membutuhkan peralatan penunjang seperti: canopy, Garness, contrainer, payung cadangan, altimeter, googles belum lagi pesawat untuk melakukan lompatan.

Baca Juga: Jenis dan Bagian-Bagian Papan Surfing

Bagi para pemula, harus mengetahui bagian-bagian penting parasut yang digunakan untuk terjun payung (skydiving), berikut  adalah penjelasannya:

  • Canopy utama adalah parasut itu sendiri
  • Parasut drogue adalah parasut kecil yang digunakan untuk membuka canopy utama. Penerjun harus membuang drogue saat menangkap angin dan mengeluarkan kekang, nilon anyaman baru kemudian tali kekang menarik keluar parasut utama (canopy).
  • Cagar adalah parasut kedua atau parasut cadangan yang disediakan jika parasut utama tidak bisa dibuka karena alasan apapun.
  • Wadah adalah tempat memegang parasut utama dan yang kedua.
  • AAD adalah peralatan penting lainnya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya parasut tidak bisa dibuka dsb. AAD akan terbuka otomastis saat berada di ketinggian sekitar 800 kaki.
  • RAM udara canopy adalah jenis parasut yang banyak digunakan oleh para penerjun berpengalaman/ professional. RAM udara canopy bentuknya persegi atau persegi panjang, bahannya terbuat dari nilon ringan. Jenis parasut yangd digunakan karena menjamin keselamatan para pengguna.

Menggunakan jenis parasut untuk pendaratan merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan dengan teliti.Setelah Anda mengetahui jenis dan fungsi bagian-bagian peralatan terjun payung (skydiving), bisa mulai belajar lompatan pertama.  Mengetahui dengan baik semua hal yang berkaitan dengan olahraga terjun payung terutama peralatannya sangat penting.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *