Home » Hobi ekstrim » Mengenal Manfaat Dari Panjat Tebing

Mengenal Manfaat Dari Panjat Tebing

Bayangkan perasaan tak terbendung. Memiliki keterampilan,  kekuatan dan ketahanan untuk mengatasi hambatan dan mencapai apa pun yang Anda inginkan. Bayangkan mengetahui apa yang diperlukan di saat Anda sudah mencapai ketahanan maksimum tubuh Anda, dan percaya bahwa Anda bisa melakukannya. Bayangkan Anda bisa menilai dan menerima risiko kegagalan dan kemajuan seolah-olah Anda tidak diragukan lagi Anda akan berhasil. Itu bisa Anda dapatkan dengan Panjat Tebing. Olahraga outdoor yang cukup digemari dan populer di dunia

Anda dapat naik di atas batu es, air terjun beku, pegunungan bersalju raksasa dan pegunungan yang menawarkan campuran dari segala sesuatu. Olahraga ini menuntut fisik yang bisa dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Panjat tebing adalah olahraga fisik dan menuntut mental, salah satu yang sering menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan, dan keseimbangan bersama dengan kontrol mental nya. Ini bisa menjadi olahraga yang berbahaya dan pengetahuan teknik memanjat yang tepat dan penggunaan peralatan panjat khusus sangat penting untuk penyelesaian aman dari rute. Banyak manfaat yang bisa diambil bagi mereka yang gemar akan olahraga ekstrim ini, kami akan berikan informasinya sebagai berikut.

  1. Menggabungkan cardio dan kekuatan dalam latihan tunggal: Selama satu sesi panjat tebing, tubuh menjalankan sejumlah tes fisik, termasuk meningkatkan denyut jantung, membangun otot dan mengembangkan stamina. Kekuatan tubuh bagian atas diperlukan untuk memanjat tebing. Sedangkan kaki dan inti membangun otot tubuh berusaha untuk menemukan keseimbangan.
  2. 2 .Memperkuat otot: saat Anda memanjat tebing, Anda  membutuhkan beberapa kelompok otot yang berbeda untuk terlibat selama latihan. Abs, obliques, delts, perangkap, bisep, lats, paha depan, betis – pada kenyataannya, memanjat tebing bahkan membuat otot lengan bawah Anda dengan memperkuat cengkeraman pemanjat.
  3. Meningkatkan fleksibilitas: Olahraga outdoor ini  menuntut fleksibilitas dan adaptasi karena membutuhkan seorang pendaki tebing untuk mencapai, melompat dan memanjat ke pegangan dan pijakan biasanya jauh dari jarak yang nyaman. juga meningkatkan sirkulasi darah
  4. Mengurangi stres: Panjat tebing bisa mengurangi stres dengan meningkatkan kadar norepinefrin, suatu neurotransmitter dalam tubuh yang membantu dalam melepaskan stres. Pendaki seringkali menjadi tenggelam saat berada di tengah-tengah tebing, dalam aliran aktivitas yang memungkinkan mereka untuk menjadi lebuh fokus  dalam aktivitas untuk mencapai, memanjat dan melompat tebing yang curam dan terjal. Menciptakan suasana batin si pendaki dengan luapan rasa ekstasi. Di luar ruangan, mendaki juga telah terbukti untuk lebih tingkat stres yang lebih rendah.
  5. Bakar kalori:  memanjat tebing juga bagus dan bermanfaat untuk membakar kalori di tubuh Anda. Menurut data bisa, membakar sekitar 818 kalori per jam selama pendakian tebing berlangsung.
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *