Home » hobi » Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Dasar Permainan Futsal

Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Dasar Permainan Futsal

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang memang lebih banyak diidentikkan dengan permainan sepak bola mini. Olahraga ini pada umumnya memiliki sistem permainan yang hampir sama dengan permainan dalam sepak bola, dimana permainan akan dimainkan oleh dua tim yang akan memperebutkan nilai dari jumlah bola yang berhasil dimasukkan kedalam gawang lawan. Yang menjadikan permainan ini menjadi berbeda dengan permainan sepak bola adalah jumlah anggota dalam satu tim, luas lapangan serta lapangan tempat diselenggarakannya olahraga tersebut. Jika dalam sepak bola tim akan beranggotakan sebelas orang, maka dalam olahraga ini jumlah anggota dalam tim adalah 5 orang.

 Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Dasar Permainan Futsal

Selain jumlah pemain dalam satu tim, tempat penyelenggaraan olahraga sepak bola tersebut juga akan berbeda, jika pada sepak bola pada umumnya akan diselenggarakan pada lapangan terbuka, maka hal tersebut akan berbeda untuk jenis sepak bola mini, dimana lapangan tertutup akan menjadi tempat penyelenggaraan sepak bola mini tersebut. Untuk luas lapangan sendiri olahraga sepak bola tentunya akan memiliki luas lapangan yang lebih besar dibanding dengan olahraga sepak bola mini tersebut.

Berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola mini atau yang lebih sering disebut dengan futsal, yang antara lain adalah:

  • Kontrol bola

Teknik permainan dasar ini memang harus dikuasai oleh para pemain sepak bola mini, dimana untuk melakukan teknik ini, para pemain harus memanfaatkan sol bagian dalam sepatu olahraga yang mereka gunakan. Selain bagian dalam, sol sepatu olahraga bagian depan dan luar pun dapat dimanfaatkan oleh para pemain untuk dapat melakukan kontrol terhadap bola yang mereka bawa, sehingga dapat mencapai tujuan dalam pengoperan bola 

  • Teknik passing atau mengumpan bola

Teknik ini merupakan teknik yang harus dimiliki oleh setiap pemain dalam satu tim, karena nantinya permainan bola yang dilakukan akan melibatkan kerjasama seluruh anggota tim permainan. Teknik mengumpan bola pada pertandingan sepak bola mini ini, biasanya akan dilakukan oleh para pemain dengan menggunakan berbagai sisi kaki. Namun teknik terbaik dalam mengumpan bola akan lebih sering digunakan kaki bagian dalam, untuk dapat mengumpan bola dengan jarak yang panjang serta mendatar pada sisi lapangan bola tersebut.

  • Teknik Dribbling ataupun menggiring

Teknik inilah yang menentukan permainan terbaik dari seorang pemain olahraga sepakbola yang satu ini. Dalam melakukan teknik menggiring ini, biasanya seorang pemain futsal akan menggunakan berbagai bagian dari telapak kaki mereka, sesuai dengan tujuan penggiringan bola yang sedang mereka pegang. Teknik dribbling ini, biasanya akan banyak dilakukan oleh para pemain dengan memadukannya dengan teknik pengontrolan bola yang baik. Dengan paduan kedua teknik tersebut, maka bola pun dapat dilambungkan sesuai dengan tujuan permainan, yaitu masuk kedalam gawang lawan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *