Home » hobi » Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Dasar dalam Fotografi

Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Dasar dalam Fotografi

Anda memiliki hobi dalam membidik gambar, namun belum mengerti teknik dalam melakukan pembidikan gambar dengan tepat? Berikut ini bahasan mengenai teknik dasar dalam pembidikan gambar dengan menggunakan kamera, yang memang seharusnya terlebih dahulu dikuasai oleh para penghobi, sebelum memutuskan untuk melakukan pengembalian gambar. Dalam fotografi, teknik dasar pembidikan gambar memang dibutuhkan, agar nantinya hasil gambar yang kita ambil memiliki kualitas yang baik. Teknik dasar dalam pembidikan gambar ini, bukanlah hanya sekedar menekan tombol shutter yang terdapat pada kamera, namun teknik lainnya pun harus dipahami oleh para pemula yang memiliki kesenangan dalam melakukan pembidikan gambar.

Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Dasar dalam Fotografi 

Hal pertama yang harus kita pahami dalam melakukan pengambilan gambar, adalah memahami jenis kamera yang akan kita gunakan untuk mengambil gambar. Pastikan bahwa sebelum menggunakan kamera tersebut, kita terlebih dahulu mengetahui berbagi fitur dalam kamera serta fungsi dari masing-masing panel. Dengan mengetahui fitur pada kamera yang akan kita gunakan, maka nantinya kita akan dengan mudah melakukan pengambilan gambar tanpa adanya kendala dalam penggunaan kamera tersebut. 

Hal lain yang juga perlu Anda pahami ketika akan melakukan pengambilan gambar, dan juga merupakan teknik dasar dalam dunia fotografi, antara lain adalah:

  • Teknik dalam penekanan tombol shutter, yang merupakan tombol bidik ketika posisi kamera sudah sesuai dengan gambar yang memang Anda jadikan sebagai objek pembidikan. Teknik penekanan tombol antara satu jenis kamera dengan kamera lain akan memiliki cara yang berbeda.
  • Kenalilah mode pembidikan gambar yang dapat dipilih dengan menggunakan kamera tersebut. Pada beberapa jenis kamera akan terdapat beberapa metode pembidikan gambar yang dapat dipilih seperti mode auto dan manual.
  • Teknik pengaturan titik fokus pada kamera juga harus Anda miliki terlebih dahulu, agar nantinya hasil pembidikan gambar yang Anda lakukan, memiliki satu titik fokus yang memang menjadi tujuan Anda dalam melakukan pembidikan gambar. Teknik pengaturan titik fokus ini akan lebih Anda perlukan, jika Anda memilih mode pembidikan gambar manual.

Selain ketiga teknik diatas, hal lain yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu adalah mengenai lensa kamera, mengingat kini banyak jenis lensa yang beredar dipasaran. Kenalilah nama dan jenis berbagai lensa kamera, serta fungsi dan efek yang ditimbulkan oleh lensa tersebut. Dengan pengetahuan inilah, nantinya Anda dapat menentukan dengan mudah, lensa kamera mana sajakah yang tepat untuk Anda gunakan sesuai dengan tempat dan situasi pembidikan gambar pada saat itu. 

Berlatihlah untuk melakukan pengambilan gambar secara lebih sering, karena hal inilah yang akan membuat Anda mengerti secara lebih dalam mengenai teknik fotografi profesional. Dengan latihan secara rutin pulalah, Anda akan dapat melatih kelenturan tangan Anda dalam menggunakan kamera yang Anda miliki. Kelenturan tangan inilah yang akan dapat membuat Anda dengan mudah mengenali berbagai panel dalam kamera secara otomatis.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *