Home » Hewan Peliharaan » Mengenal Berbagai Jenis Luwak Peliharaan yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Mengenal Berbagai Jenis Luwak Peliharaan yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Musang atau yang lebih akrab disebut dengan luwak, merupakan salah satu jenis binatang peliharaan yang kini sedang banyak digandrungi oleh para pecinta hewan. Selain memiliki karakter yang jinak, unik dan menarik, hewan yang satu inipun akan dapat mendatangkan banyak keuntungan jika kita mampu memeliharanya dengan baik, khususnya bagi para petani. Hewan yang lebih dikenal sebagai penghasil kopi dengan citarasa terbaik inipun, kini tidak hanya banyak dipelihara oleh para petani saja, namun hewan ini pun banyak dipelihara oleh para pecinta binatang didalam rumah mereka. Bagi Anda yang memang penasaran dengan binatang yang unik ini, berikut ini beberapa jenis luwak peliharaan yang mungkin dapat Anda jadikan pilihan sebagai teman dalam rumah Anda:

 Mengenal Berbagai Jenis Luwak Peliharaan yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

  • Luwak pandan

Jenis musang ini merupakan jenis paling populer yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain dikenal mampu menghasilkan biji kopi terbaik, luwak pandan juga memiliki karakter yang sangat bersahabat dengan manusia. Jika luwak ini dilatih dengan benar, maka mereka pun tidak jauh berbeda dari jenis hewan peliharaan lainnya seperti kucing ataupun anjing. Ciri khusus dari luwak pandan ini sebetulnya hanya dimiliki untuk jenis luwak jantan saja, dimana luwak jantan untuk jenis pandan ini memang selalu mengeluarkan aroma khas daun pandan, yang memang disebabkan oleh kelenjar dibawah ekor mereka. Aroma pandan ini sengaja dikeluarkan oleh luwak jantan untuk memikat luwak betina. 

  • Luwak akar

Luwak peliharaan yang satu ini akan banyak ditemukan didaerah Kalimantan dan Jawa. Ciri khusus dari musang yang satu ini terletak pada warna tubuhnya, yang didominasi dengan warna coklat, dengan bagian muka yang biasanya akan memiliki warna abu-abu ataupun coklat tua. Luwak ini merupakan luwak yang memiliki panjang tubuh sekitar 50-60cm dengan berat tubuh mulai dari 1,3kg hingga 3 kg.

  • Luwak binturung

Jenis luwak ini memang akan jarang untuk ditemukan, karena untuk memelihara jenis luwak ini para pemiliknya haruslah memiliki ijin khusus. Luwak yang satu ini memiliki bentuk hampir menyerupai dengan beruang kecil, namun memiliki warna bau yang unik seperti layaknya sebuah koala. Musang ini merupakan musang dengan berat badan paling besar diantara jenis musang lainnya, dimana beratnya mampu mencapai angka 20 kg. Jenis musang ini sendiri merupakan salah satu satwa yang dilindungi. 

  • Musang Bulan

Luwak peliharaan ini oleh masyarakat sekitar daerah Lampung, banyak dimanfaatkan sebagai penghasil biji kopi terbaik. Musang ini sendiri juga dikenal dengan sebutan musang topeng, karena pada bagian permukaan wajah musang ini terdapat corak khusus berwarna putih, yang menjadikan bentuknya seperti memakai sebuah topeng. Luwak yang satu ini memiliki daerah endemi disekitar Asia Timur dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri luwak ini banyak terdapat di wilayah Kalimantan, Jawa dan Sumatera.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *