Home » hobi » Mengenal Beragam Jenis Hobi Olahraga Atletik yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Beragam Jenis Hobi Olahraga Atletik yang Perlu Anda Ketahui

Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membakar kalori dan membentuk tubuh yang menjadi ideal. Saat ini banyak sekali yang hobi olahraga untuk tetap menjaga tubuh sehat dan bugar selain menjaga makanan yang sehat. Beberapa jenis olahraga dapat dilakukan seperti olahraga atletik dan ringan untuk kesehatan dan juga untuk sebuah kompetisi yang membanggakan.

 Mengenal Beragam Jenis Hobi Olahraga Atletik yang Perlu Anda Ketahui

Berikut adalah jenis olahraga atletik diantaranya: 

  • Lari, untuk kebugaran fisik dengan banyak jenis cabang olahraga seperti lari marathon, sprint, lari estafet, dan juga jalan cepat, selain untuk kebugaran tetapi untuk memenangkan perlombaan lari diperlukan strategi yang tepat sehingga bisa menjaga ritme kecepatan berlari secara baik.
  • Tolak peluru, dengan cara menolak logam berbentuk bundar menyerupai sebuah peluru, jauhnya tolakan peluru menjadi ukuran bentuk untuk menentukan nilai yang didapat, semakin jauh daya tolak lemparan semakin bagus juga nilai yang didapat. Peluru yang dilempar tidak boleh keluar dari lingkaran yang ditentukan, bila peluru jatuh diluar lingkaran maka akan terkena diskualifikasi.
  • Memanah, untuk menembakkan anak panah ke sebuah papan khusus untuk bidikan panah, semakin akurat anak panah menancap papan sasaran maka akan semakin tinggi nilai yang didapat.
  • Menembak, diperlukan konsentrasi untuk membidik sasaran tembak dengan cepat, peluru yang digunakan adalah peluru karet dan poin penilaian dihitung dari akurasi menembak papan tembak dengan tepat.

Selain itu, ada juga olahraga atletik angkat besi yang memerlukan tenaga dan otot yang kuat untuk mengangkat beban dengan berat tertentu. Mengangkat besi dengan satu atau dua tangan untuk mengangkat bebas hingga ke atas kepala. Lompat tinggi dengan tingkat kelenturan tubuh, melompati mistar yang melintang dengan ketinggian tertentu untuk hobi olahraga atletik.

Berikut adalah jenis olahraga ringan diantaranya: 

  • Naik turun tangga, dengan menaiki dan menuruni tangga di rumah yang dilakukan pagi hari, jika tidak memiliki tangga dapat memanfaatkan permukaan yang lebih tinggi untuk di naik turunkan bergantian.
  • Lompat tali atau skipping, yang membutuhkan stamina kuat tanpa keluar dari rumah, variasi gerakan lompat tali dapat menambah efektif hasil dari olahraga pagi yang dilakukan.
  • Bersepeda, dengan memilih jalur yang tidak banyak kendaraan bermotornya, tidak perlu menghabiskan waktu untuk bermacet-macetan dengan motor dan mobil lainnya.
  • Sit up, untuk membakar kalori khususnya pada bagian perut, minimal sebanyak 30 dalam hitungan waktu 5 sampai 10 menit.

Selain itu juga ada juga push up untuk membakar kalori dan melatih stamina yang dilakukan dalam hitungan waktu. Plank crawl merupakan olahraga untuk membuat tubuh indah tanpa lemak berlebih dengan beralaskan matras untuk melakukannya. Senam aerobik setidaknya selama 30 menit untuk melatih seluruh bagian tubuh. Beberapa jenis olahraga ini dapat dilakukan untuk seseorang yang hobi olahraga atletik maupun ringan.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *