Home » Koleksi Barang » Mengenal Alat musik tradisional Jawa Barat yang Terbuat dari Bambu

Mengenal Alat musik tradisional Jawa Barat yang Terbuat dari Bambu

Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang mempunyai wilayah cukup luas terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota. Ibu kota Jawa Barat berada di kota Bandung yang mempunyai banyak sejarah. Selain itu kota Bandung terkenal dengan julukan kota kembang, kota Paris Van Java, kota mode dan julukan yang lainnya.  Keanekaragaman seni dan budaya membuat provinsi jawa barat terkenal sampai ke luar negeri. Para seniman Jawa Barat memanfaatkan alam untuk menciptakan alat musik sehingga melahirkan beberapa alat musik yang unik dan menjadi ciri khas Jawa Barat. Seperti  para seniman memanfaatkan pohon bambu yang banyak tumbuh di Jawa Barat untuk dijadikan alat musik yang unik. Diantara ribuan alat musik Jawa Barat ada beberapa alat musik yang sudah terkenal dan mendunia.  Untuk mengenal alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu, berikut ini beberapa contoh alat musik tradisional Jawa Barat.

Alat musik arumba
Alat musik ini merupakan esemble musik yang terbuat dari bambu yang terus berkembang menjadi sebuah musikal dan mempunyai jenis musik tersendiri. Pada awalnya alat musik Jawa Barat ini menghasilkan tangga nada pentatonis seiring perkembangan zaman arumba pun bisa dirubah dengan menghasilkan tangga nada diantonis. Arumba terbuat dari bambu – bambu  pilihan seperti bambu tali, wulung, temen. Menurut beberapa informasi awal terciptanya alat musik arumba berawal seorang seniman yang bernama Yoes Roesadi bersama teman – temannya untuk membentuk suatu kelompok musik yang menggunakan alat tambahan angklung sebagai alat musiknya. Ketika dalam perjalanan menuju Jakarta untuk memenuhi undangan pentas di suatu acara, Yoes Roesadi dan teman – teman mendapatkan ide cemerlang untuk menamai grup musiknya dengan nama Arumba yang merupakan singkatan dari Alunan Rumpun Bambu.

Alat musik calung
Alat musik ini hampir sama dengan angklung. Yang menjadi membedakan antara angklung dengan calung adalah cara memainkannya. Angklung dimainkan dengan cara digoyang sedangkan calung dimainkan dengan cara dipukul. Calung terdiri dari dua jenis yaitu calung jingjing yang terbentuk dari deretan bambu yang mempunyai nada yang disatukan oleh bambu kecil dan calung rantay yang terbentuk dari sebuah bilah tabung yang dideretkan dengan tali dari tabung yang terbesar hingga yang terkecil sampai jumlahnya ada 7 ruas bambu atau lebih. Pada zaman dahulu calung merupakan alat musik yang disakralkan dan sering dimainkan di upacara pertanian. Selain itu calung dipercaya untuk mencegah musibah dan dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Tapi seiring perkembangan zaman alat musik ini berubah menjadi alat musik yang menghibur dan menghasilkan harmoni yang merdu. Eksistensi alat musik tradisional ini masih terjaga dan bertahan sampai saat ini.  

Alat musik Celempung
Alat musik ini merupakan alat musik yang sangat unik dan belum diketahui asal mula keberadaannya dan kapan diciptakannya. Celempung ini terbuat dari kulit bambu dengan memanfaatkan gelombang resonansi yang dihasilkan dari ruas batang bambu. Cara memainkan alat musik ini ada 2 cara dengan cara dipukul dengan menggunakan alat yang terbuat dari bahan bambu atau kayu yang ujungnya diberi sepotong kain agar bisa menghasilkan suara yang nyaring dan dengan cara menggunakan tangan kiri yang berfungsi untuk mengolah suara dan untuk mengatur besar kecilnya udara yang keluar dari badan celempung.

  

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *