Home » Koleksi Barang » Mengenal Action Figures

Mengenal Action Figures

Untuk sebagian orang pasti masih bingung ketika disebutkan tentang Nendoroid. Nendoroid atau yang lebih dikenal dengan Action Figures. Hobi mengkoleksi Action Figure atau Nendoroid memang biasanya dikenal dikalangan Otaku (sebutan bagi para pecinta anime dan manga). Nendoroid diperkenalkan pertama kali pada 2006, yang dipopulerkan oleh perusahaan mainan Jepang, yaitu Good Smile Company. Mainan koleksi yang terbuat dari bahan ABS dan PVC ini dibuat berdasarkan karakter dari anime, manga, atau video game populer yang didesain dalam bentuk chibi.

Sampai saat ini Nendoroid memiliki lebih dari ratusan jenis karakter. Bahkan nendoroid juga memiliki beberapa jenis seperti Nendoroid, Nendoroid petite, Nendoroid more dan Nendoroid Playsets. Biasanya mengadaptasi karakter-karakter dari anime dan game Jepang, kadang pula mengadaptasi karakter animasi barat seperti Batman dan Ironman. Biasanya nendoroid memiliki tinggi 10 cm dan memiliki joint untuk melakukan berbagai pose. Nendoroid biasanya dijual dalam bentuk paket yang disertakan beragam ekspresi muka yang dapat diganti, juga masih ada tambahan beberapa aksesoris lainnya.

  • Nendoroid

Memiliki tinggi sekitar 10 cm dan dilengkapi berbagai macam ekspresi dan aksesoris terkait karakter anime yang diangkat. Aksesoris tersebut termasuk kaki, lengan dan leher yang bisa diganti dan diatur sesuai keinginan.

  • Nendoroid Petite

Sama seperti Nendoroid biasa, Nendoroid Petite juga dilengkapi oleh berbagai ekspresi dan aksesoris. Perbedaan Nendoroid Petite adalah ukurannya yang dibuat lebih kecil, yaitu hanya sekitar 6-7 cm.

  • Nendoroid More

Merupakan produk terbaru dari Good Smile Company yang dirancang untuk menampilkan Nendoroid dengan lebih mudah dan menyenangkan. Seri ini terdiri dari clip dan suction clip yang berfungsi sebagai penyangga mainan Nendoroid.

Baca Juga:Tips Bagi Anda yang Suka dengan Koleksi Barang Antik

  • Nendoroid Playsets adalah ruangan diorama mini yang dirancang untuk produk Nendoroid. Nendoroid Playsets sendiri bisa dimanfaatkan untuk memajang koleksi Nendoroid, atau sebagai background Fotografi mainan.

Keunikan Action Figures Nendoroid adalah adanya berbagai macam ekspresi dan aksesoris yang bisa diganti sesuai keinginan. Mainan koleksi ini bisa dibongkar pasang dari ujung kepala sampai ujung kaki. Bahkan, kita dapat menukar kepala, tangan dan badan suatu Nendoroid dengan Nendoroid lainnya.

Untuk merawat koleksi Nendoroid, dapat diperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Rajin Dibersihkan

Meski terdiri atas bagian kecil, membersihkan Nendoroid ternyata tergolong mudah. Pertama siapkan tisu, lepas part yang kotor dan berdebu, lalu bilas dengan tisu basah.

  • Jangan Sampai Lengket

Jika terlalu lama dipajang, kadang bagian Nendoroid akan susah dilepas. Kalau sudah telanjur, jangan ditarik. Cara melepasnya, cukup siapkan wadah berisi air. Masukkan 1–2 sendok teh sabun cuci piring dan rendam selama 3–4 jam. Siapkan taplak berukuran besar, lalu letakkan semua bagian pada taplak tersebut. Biarkan air meresap ke taplak dan tunggu hingga kering.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *