Home » Koleksi Barang » Menentukan Kualitas Koleksi Uang Kuno

Menentukan Kualitas Koleksi Uang Kuno

Bagi Anda yang ingin memulai mengkoleksi uang kuno, sangat penting untuk memahami jenis-jenis uang kuno yang memiliki nilai tinggi dan cara merawatnya. Berburu uang langka bagi sebagian orang menjadi kegiatan yang seru dan menantang. Hobi tersebut dikenal dengan istilah Numismatik.

Demi mendapatkan koleksi, harus menjalin relasi atau berkawan dengan pecinta numismatik lainnya, caranya bisa bergabung dengan komunitas pecinta uang kuno atau masuki forumnya di internet. Untuk menjadi numismatic bukanlah hal yang mudah, namun jika dibarengi dengan mau belajar dan niat yang kuat, Anda bisa sukses menjadi kolektor uang kuno. Berikut informasi mengenai tips menjadi seorang numismatic.

Menentukan Kualitas

Dalam menentukan kualitas uang, kadang terjadi perbedaan pendapat. Untuk mengatasi masalah tersebut, kalangan numismatic membutuhkan suatu penjelasan untuk dijadikan standarisasi. Menentukan kualitas uang disebut dengan istilah Grading. IBNS atau The Internasional Bank Society menerapkan standarisasi dalam menentukan kualitas uang, yaitu :

 

  • Uncirculated

 

UNC atau uncirculated adalah keadaan sempurna, yaitu keadaan uang kertas tidak ada cacat sama sekali, permukaan kertas bersih dan berkilau.

 

  • Almost Uncirculated

 

AU atau almost uncirculated adalah keadaan uang yang hampir sama dengan UNC, tetapi terdapat lipatan, biasanya di sudut atau di bagian tengahnya. Namun sebaiknya jangan sampai ada lipatan keduanya. Selain itu kondisi uang harus terjaga, bersih dan berkilau seperti aslinya.

 

  • Extra Fine

 

EF/ XF extra fine adalah uang yang keadaannya masih baik, kaku, permulaannya berkilau dan memiliki maksimal 3 lopatan atau satu lipatan yang tajam dengan sudut sedikit pudar.

 

  • Very Fine

 

Very fine adalah uang kertas yang sudah dipakai namun masih crisp, terdapat kotoran sedikit dan lipatan vertikal, horizontal tapi tidak sobek.

 

  • Fine

 

F atau fine adalah uang yang sudah tidak chisp lagi, terdapat beberapa lipatan namun tidak kotor. Mungkin ada bagian yang sobek dan tidak margin namun warnanya masih jelas.

 

  • Very Good

 

very good adalah istilah yang digunakan untuk uang yang sudah berkali-kali digunakan namun bagian kertasnya utuh. Biasanya ada sobekan dibagian ujung kertas, jadi sudah tidak tajam lagi, ada bekas karat, bekas lipatan, ada lubang, kertas layu tapi tidak ada bagian uang yang hilang/ sobek.

 

  • Good

 

Good adalah uang lama yang sudah dipakai. Warnanya memudar, terdapat beberapa bekas lipatan yang sudah berkali-kali, kadang ada lubang atau sobek di bagian pinggir, ada bekas karat, kotoran dan bagian yang hilang karena sobek.

 

  • Fair

 

Seluruh permukaan kertas layu dan kotor akibat sudah lama atau sering dipakai, terdapat sobekan besar dan ada bagian yang hilang.

 

  • Poor

 

Poor adalah istilah yang digunakan untuk uang kuno yang rusak akibat sobekan,karat, bekas tambalan, bagian yang hilang dsb. Uang yang kondisinya seperti ini tidak layak untuk dikoleksi kecuali untuk disimpan sementara atau termasuk jenis uang yang sangat langka.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *