Home » Koleksi Barang » Memulai Mengkoleksi dan Manfaat Mengkoleksi Uang Kuno

Memulai Mengkoleksi dan Manfaat Mengkoleksi Uang Kuno

Numismatik berasal dari bahasa Latin, numisma = uang logam. Studi tentang numismatic mempelajari antara lain sejarah mata uang, cara pembuatan, ciri-ciri, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah social politik yang menyertainya dan sebagainya. Saat ini numismatik bisa diartikan sebagai kegiatan yang berkenaan dengan mata uang (mengoleksi uang). Barang-barang yang dikumpulan atau dikoleksi dalam  dunia numismatik terutama  uang kuno, baik uang kertas, uang koin dan uang token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Pada perkembangannya muncul pula uang peringatan / penerbitan khusus yang tidak beredar secara luas, uang uncut, dll. Bahkan ada pula beberapa kolektor yang menambahkan hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan sebagai koleksinya seperti ; cek, materai, surat-surat berharga, dll. Namun obyek utamanya tetaplah uang yang pernah beredar dalam masyarakat.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari menggeluti dunia numismatik (koleksi uang kuno). Berikut beberapa manfaat yang diperoleh :

  • Sarana Rekreasi dan Hobi

Dihadapkan pada aktivitas pokoknya (bekerja, sekolah, kuliah, ibu rumah tangga, dll) yang bisa menguras tenaga dan pikiran,  orang kadang mengalami suatu kejenuhan. Salah satu cara untuk mengurangi rasa stress, tekanan, dan kejenuhan  yang muncul kita butuh sarana rekreasi dan hiburan. Hobi ataupun kesukaan merupakan salah satu diantaranya. Dan dunia numismatic merupakan salah satu hobi yang memberikan hiburan tersendiri bagi kita, disamping memberikan kepuasan batin bagi penikmatnya.

  • Memanfaatkan waktu luang

Waktu luang yang kita punyai terkadang menimbulkan kebingungan tersendiri. Mau apa? Mau kemana? Kadang hal tersebut muncul dalam kehidupan kita. Berburu barang koleksi, merapikan dan menyusun barang koleksi merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu luang kita.

  • Memperkaya wawasan

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari uang, meliputi informasi pengetahuan yang terkandung di dalamnya maupun kilasan peristiwa yang mengikutinya.

Baca Juga: Tips Menjadi Kolektor Uang Kuno Untuk Mendapatkan Koleksi

  • Sarana Memperluas Pergaulan

Dengan mempunyai hobi yang sama, kita bisa dan biasa menjalin komunikasi dengan orang lain (baik langsung maupun tidak langsung).

  • Memperoleh Keuntungan

Harga uang kuno tidak pernah mengalami penurunan. Mengoleksi uang kuno bisa dijadikan alternative investasi. Mengenai permintaan uang kuno sendiri selain dari para kolektor juga untuk mahar pernikahan.

Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar kita bisa menjadi kolektor yang baik. Hampir semua Negara di dunia menerbitkan mata uang, sehingga banyak sekali mata uang dengan berbagai satuan yang beredar. Paling tidak ada dua jenis uang yang dicetak dan  lazim dikoleksi yaitu uang logam dan uang kertas. Pertama, tentukan mana dahulu yang akan anda koleksi ; uang dalam negeri (Indonesia) atau luar negeri. Kemudian uang kertas ataukah uang logam, ataukah kedua-duanya terlebih dahulu? Sebagai pemula alangkah lebih baik apabila kita mulai dari uang Indonesia dahulu, bisa uang koin dahulu atau uang kertas dahulu atau keduanya bersamaan. Tentu lebih baik apabila kita mulai dari uang Negara kita dahulu bukan?

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *