Home » Koleksi Barang » Melestarikan dan Mencintai Alat Musik Tradisional dari Sekolah

Melestarikan dan Mencintai Alat Musik Tradisional dari Sekolah

Indonesia merupakan negara yang begitu kaya akan nilai seni dan juga kebudayaan yang dimilikinya yang tersebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Seni dan juga kebudayaan asli Indonesia haruslah selalu dijaga, di rawat, dan di lestarikan dengan baik oleh setiap warga negara Indonesia, sebagai bentuk rasa cinta tanah air yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Salah satu kebudayaan dan juga nilai seni yang harus di lestarikan dan juga di ketahui dengan sangat baik adalah alat musik tradisional. Untuk bisa mencintai dan melestarikan berbagai macam peralatan musik tradisional yang ada di Indonesia harus sudah di tanamkan sejak usia dini, dari sekolah dasar agar rasa cinta tanah air bisa tumbuh dan terbina sejak dini.

Ada berbagai jenis dan berbagai macam peralatan musik tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di Indonesia dengan fungsi, kegunaan, dan tentu saja dengan ciri khas dari alat musik tersebut yang berbeda-beda yang merupakan ciri khas dari tempat asal alat musik tersebut. Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia bukan hanya mengenai suku dan adat saja tetapi juga perbedaan di peralatan musik tradisional juga membuat perbedaan yang unik dan juga indah yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di Indonesia.

Alat musik tradisional yang banyak jenis dan beragam macamnya tersebut haruslah bisa untuk di ketahui, di pelajari, dicintai, dan di lestarikan oleh anak-anak sejak usia mereka masih dini, karena dengan memberitahukan dan mengenalkan berbagai macam keberagaman dan juga nilai tradisional yang ada di Indonesia, akan membuat anak-anak jaman sekarang bisa lebih menghargai dan menghormati nilai luhur, dan peralatan musik tradisional yang dimiliki oleh negara Indonesia. Hal tersebut bisa dilakukan dan di terapkan di sekolah mereka masing-masing.

Baca Juga:Simak 4 Tips Berikut untuk Lebih Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional

Sekolah adalah tempat dimana anak-anak bisa diajarkan dan belajar mengenai hal baru yang belum mereka ketahui sebelumnya. Belajar untuk mengetahui dan mempelajari cara untuk memainkan peralatan musik tradisional di sekolah adalah cara yang tepat untuk memperkenalkan sejak usia kecil kepada anak-anak tentang pentingnya untuk selalu menjaga kekayaan musik dan peralatan musik tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Di sekolah bisa diajarkan mengenai sejarah dari berbagai alat musik yang ada di daerah Indonesia, mengenai cara memainkannya yang bisa dipelajari dengan adanya pelajaran mengenai peralatan musik tradisional di sekolah.

Anak-anak adalah masa dimana seseorang akan mencari tahu lebih banyak mengenai dunia luar yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Sebagai anak Indonesia, mereka sudah seharusnya untuk diajarkan tentang cara melestarikan dan mencintai alat musik tradisional yang mereka bisa pelajari di sekolah dan di terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *