Home » Tanaman » Media dan Peralatan Berkebun Hidroponik yang Wajib Diketahui

Media dan Peralatan Berkebun Hidroponik yang Wajib Diketahui

Berkebun membutuhkan tempat yang cukup luas yang berfungsi untuk bercocok tanam. Akan tetapi, saat ini Anda bisa berkebun dengan menggunakan metode hidroponik. Hidroponik sendiri adalah metode penanaman tumbuhan dengan menggunakan media air tanpa menggunakan tanah. Sehingga walaupun Anda tidak memiliki taman ataupun kebun dengan tanah yang cukup luas atau gembur, Anda bisa menggunakan teknik ini. Untuk berkebun secara hidroponik. Terdapat beberapa media dan peralatan berkebun yang wajib Anda ketahui.

Pertama adalah rockwool. Peralatan ini merupakan suatu media tanam yang dipergunakan untuk menyemai benih. Selain menggunakan rockwool, untuk menyemai benih, Anda juga bisa menggunakan jenis media tanam seperti dengan cocopeat, sekam bakar ataupun dengan jenis yang lainnya. Kedua adalah netpot. Peralatan ini dipergunakan sebagai wadah untuk memasukkan rockwool. Netpot sendiri bisa digantikan dengan menggunakan gelas plastik bekas air minum yang sudah di lubangi sebelumnya.

Ketiga adalah kain panel. Peralatan berkebun dengan metode hidroponik ini mempunyai fungsi sebagai sumbunya. Kain panel akan dipasang di bagian bawah dari netpot atau gelas plastik yang sudah di lubangi sebelumnya. Sebagai pengganti, jika tidak ada kain panel, Anda bisa menggunakan sumbu kompor biasa. Keempat adalah strefoam yang nantinya akan ditempatkan di bagian dalam netpot.

Keempat adalah bak. Bak ini berfungsi sebagai wadah nutrisi hidroponik. Wadah bisa berupa ember yang sudah tidak terpakai, drum yang sudah tidak terpakai atau dengan menggunakan paralon bekas. Sebelum digunakan, wadah tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dengan tujuan agar bakteri yang ada di dalam wadah hilang karena bakteri tersebut bisa mengganggu air nutrisi ataupun tanaman di wadah tersebut.

Kelima adalah nutrisi hidroponik. Banyaknya nutrisi tergantung dari jenis tanaman misalnya nutrisi yang pekat atau yang agak cair. Selain peralatan tersebut, ada pula peralatan berkebun yang tidak hanya bisa Anda gunakan untuk menanam tanaman secara hidronik namun juga menggunakan media tanah, yaitu

  • Sarung tangan: walaupun terlihat sepele, sarung tangan bisa membantu untuk melindungi tangan saat Anda berkebun misalnya dari benda tajam seperti pisau atau dari gigitan serangga atau binatang tertentu.
  • Semprotan yang bisa digunakan untuk menyemprotkan nutrisi untuk tanaman hidroponik, cairan pupuk atau antihama ke bagian tanaman seperti di bagian daun atau batang. Untuk berkebun secara hidroponik, Anda bisa memilih jenis hand spray sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya bahkan untuk menyemprot hingga ke bagian atas.
  • Watering can.
  • Selang.
  • Gunting taman yang bisa Anda pergunakan untuk memangkas ataupun untuk meratakan daun atau ranting tanaman.
  • Trowel untuk menyendok, menggali, menyekop, mengaduk ataupun mencampur tanah, pupuk ataupun jenis media tanam yang lainnya, misalnya kerikil, arang sekam untuk media tanam secara hidroponik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *