Home » Mainan » Manfaat yang Didapat Saat Memberi Mainan Tradisional Pada Anak

Manfaat yang Didapat Saat Memberi Mainan Tradisional Pada Anak

Orangtua tentu kerap terpikirkan untuk memberikan pilihan mainan tradisional bagi buah hatinya karena dilihat dari sudut manapun akan dijumpai lebih banyak kelebihan. Apabila disandingkan dengan mainan masa kini yang meskipun cenderung canggih namun manfaatnya sangat tipis, maka banyak orangtua mencoba memilih alternatif mainan tempo dulu. Yakni jenis mainan yang juga dimainkan oleh si orangtua ini ketika masih menjadi anak-anak, dan buktinya mereka mampu menikmati masa kecil dengan bahagia. Meskipun hanya bermain dengan gangsingan, layang-layang, dan lain sebagainya.

Manfaat yang Didapat Saat Memberi Mainan Tradisional Pada Anak

Manfaat dari Mainan Zaman Dulu

Mainan yang sifatnya tradisional memang sudah jarang ditemui karena memang pembuatannya dilakukan secara manual. Malahan terbukti kalah saing dengan yang namanya game di smartphone serta mainan masa kini yang memakai baterai, remote control, dan lain-lain. Padahal dengan memberikan mainan tempo dulu pada anak akan memberi manfaat berikut ini:

  • Memberikan mainan yang aman bagi kesehatan,

Mainan zaman dulu biasanya terbuat dari bahan sekitar yang cenderung alami, misal potongan balok kayu atau yang lainnya. Sehingga mainan jenis ini aman untuk kesehatan si kecil meskipun nantinya sering dimasukkan ke mulut.

  • Membuat anak lebih aktif bergerak,

Memberikan mainan tradisional pada buah hati rupanya juga memberikan manfaat untuk si anak aktif bergerak. Sebab berbeda dengan game di smartphone yang memang terlihat canggih dan menarik namun membuat anak hanya duduk manis saja. Padahal kalau Anda memberikan gangsingan, maka si kecil akan bergerak kesana-kemari mengikuti liukan gangsing saat berputar. Apalagi jika berkenalan dengan mainan masa dulu lainnya maka anak bisa aktif bergerak dan baik untuk kesehatannya.

  • Mainan yang tidak merusak lingkungan,

Penggunaan mainan modern membuat anak Anda berkenalan dengan material non organik seperti plastik. Ditambah penggunaan baterai yang tentu material penyusun mainan tersebut tidak ramah lingkungan. Sekali rusak akan menghasilkan sampah yang mengendap di tanah selama ratusan tahun, mengerikan bukan? Inilah alasan beberapa orangtua berusaha memperkenalkan mainan sederhana yang populer di zaman dulu. Mainan ini terbuat dari bahan alami yang selain aman bagi kesehatan anak yang memainkannya, juga aman bagi kesehatan lingkungan.

ketahui juga beberapa mainan tradisional yang jarang sekali di mainkan pada zaman sekarang. baca selengkapnya di hobibanget.com

  • Mengasah kemampuan anak bersosialisasi,

Mainan khas atau tradisional ini rupanya juga punya karakter unik, yakni tidak bisa dimainkan secara tunggal. Bisa memang kalau si kecil memaksakan namun akan lebih seru apabila dimainkan dengan teman. Maka lewat mainannya si kecil bisa belajar bagaimana berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Bahkan dengan bermain bersama maka anak Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan memiliki banyak teman. Jadi, masihkah Anda ragu untuk memperkenalkan mainan tradisional pada buah hati? Baiknya tidak, karena manfaatnya sangatlah banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *