Home » Mainan » Manfaat Origami Bagi Anak

Manfaat Origami Bagi Anak

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang mampu melestarikan seni kebudayaan warisan leluhurnya  sampai sekarang. Bahkan  beberapa seni  budaya Jepang mulai mempengaruhi negara – negara lain di dunia. Salah satu seni  budaya itu adalah origami atau seni melipat yang diperkirakan telah ada sejak ditemukannya kertas  di Tiongkok pada tahun 105 masehi oleh seseorang yang bernama Tsa’i Lun. Origami merupakan seni melipat kertas berwarna berbentuk kotak yang mempunyai banyak manfaat. Banyak penelitian – penelitian tentang seberapa besar manfaat origami bagi anak.

Salah satu penelitian dilakukan pada tahun  2000 oleh seorang peneliti rusia bernama Shumakov. Objek penelitian itu adalah 137 murid sekolah dasar dengan usia antara 7 sampai dengan 11 tahun. Dari hasil penelitian itu Shumakov menyimpulkan manfaat origami bagi anak adalah sebagai berikut :

  • Mengaktifkan Belahan Otak Kiri dan Kanan Anak.

Berikut ini informasi mengenai Belahan otak kiri dan kanan yang memiliki tugas dan mekanisme  berbeda. Mekanisme kerja belahan otak kanan mempunyai sifat bekerja secara acak, tidak beraturan, holistic ,intuitif dan memiliki fungsi dalam berkreativitas. Sedangkan  sifat kerja belahan otak kiri adalah bersifat berurutan, linier, rasional, logis, sekuensial dan memiliki peran dalam kegiatan motorik. Ketika seorang anak melipat kertas kedua belahan otak akan bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing dimulai keluarnya suatu kreatifitas, penyimpanan informasi berupa bentuk dan warna kertas yang merupakan tugas dari belahan otak kanan sampai membuat dan melipat kertas hingga menjadi bentuk yang diinginkan anak yang merupakan tugas belahan otak kiri.

  • Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus kedua Tangan Anak.

Kebanyakan organ tubuh yang dipergunakan ketika anak memainkan seni melipat kertas yaitu kedua belah tangan. Melipat kertas akan menggerakkan telapak dan jari – jari tangan bekerja secara halus dan akurat sehingga keterampilan motorik halus anak akan berkembang dengan sendirinya.

Baca Juga:Mainan Kayu Menjadi Pilihan yang Lebih Awet dan Ekonomis untuk Anak

  • Mengembangkan Kecerdasan Anak.

Seni melipat kertas akan menstimulasi kecerdasan visual-spasial (picture smart) yang melibatkan kepekaan seorang anak sehingga dapat membayangkan bentuk – bentuk dengan lebih mudah, kecerdasan kinestetik untuk motorik halus, kecerdasan verbal yaitu dengan mendengarkan instruksi  dan membaca arahan, kecerdasan interpersonal yaitu dengan berinteraksi anak dengan anak – anak yang lain dan guru, kecerdasan logika-matematika yaitu dengan mengenal bentuk geometri dan pembagian, kecerdasan musik yaitu main sambil mendengarkan musik.

  • Merangsang Kreativitas Anak.

Daya imajinasi seorang akan muncul ketika  disuruh untuk memainkan seni melipat ini. Tiap anak akan menghasilkan bentuk yang berbeda – beda sesuai imajinasinya. Dengan membiarkan anak untuk berimajinasi secara luas, membuat kreativitas  anak akan berkembang dengan sendirinya.

Dengan demikian dapat disimpulkan origami mempunyai  manfaat yang luar biasa bagi anak. Kegiatan seni melipat kertas ini merupakan kegiatan yang mempunyai dampak positif karena di dalamnya terkandung unsur permainan dan unsur pembelajaran.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *