Home » Kerajinan Tangan » Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Bagi Anak-Anak

Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Bagi Anak-Anak

Membuat kerajinan tangan khususnya bagi anak, ternyata tidak hanya sekedar kegiatan mengisi waktu kosong saja. Lebih dari itu membuat kerajinan bisa mengasah membuat anak lebih kreatif, mengasah kemampuan motorik dan masih banyak manfaat lainnya.

Pengertian Membuat Kerajinan

Secara sederhana, membuat kerajinan tangan bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan yang berupaya merubah suatu benda yang semula tidak berguna atau tidak memiliki nilai dari segi ekonomi menjadi benda yang memiliki nilai guna dan keindahan. Selain itu membuat kerajinan bisa membuat benda yang tadinya tidak bernilai secara ekonomi bisa menjadi benda yang memiliki nilai ekonomi apabila di jual.

Bahan-Bahan Kerajinan

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan bagi anak. Bahan-bahan yang digunakan bisa dari benda-benda yang sudah tidak dipakai atau dianggap sampah.

Salah satu contohnya adalah plasik bekas makanan kemasan, seperti: bungkus mie, minuman instan, bungkus permen dsb. Biasanya setelah digunakan, bungkus kemasan makanan yang terbuat dari plastic akan langsung dibuang ke tempat sampah.

Nah Anda bsia megolah bahan-bahan tersebut menjadi kerajinan berupa benda-benda. Seperti tas, taplak dsb. Selain bahan plastic, bahan lainnya yang bisa digunakan membuat kerajinan bersama anak adalah kardus-kardus atau kertas bekas. Kardus-kardus bekas bisa disulap menjadi beragam mainan anak, seperti mobil-mobilan, robot-robotan, rumah-rumahan dsb.

Saat anak berkreasi membuat kerajinan, sebaiknya tetap dalam pengawasan atau agar lebih menyenangkan Anda bisa terlibat proses pembuatannya bersama anak.

Baca Juga:Jenis-Jenis Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia

Manfaat Membuat Kerajinan Bagi Anak

Seperti yang sudah disebutkan dalam awal artikel, bahwa kerajinan memberikan manfaat bagi anak. Lebih jelasnya simak manfaat membuat kerajinan bagi Anak berikut ini:

  • Mengembangkan kreativitas dan Imajinasi Anak

Semua anak memiliki bakat kreativitas. Hal tersebut dapat dilihat bagaimana anak-anak mampu membuat karya. Bagus dan tidaknya bukanlah hal yang utama karena karya yang dibuat oleh anak-anak adalah hasil dari imajinasi yang luar biasa.

Dengan membuat kerajinaan, anak-anak dituntut untuk membuat sesuatu sesuai dengan apa yang dibayangkan dan diimajinasikannya. Di situlah kreativitas anak akan semakin berkembang karena anak dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri.

  • Mengajarkan Anak Sabar dan Teliti

Agar kerajinan berhasil dibuat anak akan lebih terlatih kesabarannya. Selain itu anak menjadi lebih teliti. Saat membuat kerajinan, Anda bisa membantunya dengan memberikan instruksi atau memberi contoh.

  • Melatih Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik setiap anak berbeda-beda. Jika kemampuan motorik kurang, dengan membuat kerajinan kemampuannya tersebut akan dilatih dan jika anak Anda kemapuan motoriknya bagus akan semakin terasah.

Kegiatan motorik saat membuat kerajinan tangan adalah seperti kegiatan: memotong, menempel, mengukur, mencocokkan dsb. Selain ketiga manfaat tersebut masih ada manfaat lainnya seperti: anak menjadi lebih percaya diri, sarana menenangkan emosi dan menjadi aktivitas yang menyenangkan serta selalu diingat.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *