Home » Mainan » Manfaat Bermain Helikopter RC (Remote Control)

Manfaat Bermain Helikopter RC (Remote Control)

Helikopter RC adalah salah satu mainan yang menggunakan remote control. Mainan ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, tidak sedikit para remaja hingga orang dewasa menyukai mainan ini.

Keasikan bermain helicopter RC di luar ruangan atau di outdoor menjadi keasyikan tersendiri dan tantangan yang menegangkan. Selain itu, ternyata mainan ini memiliki manfaat bagi pemainnya. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak langsung pembahasannya berikut ini. Namun sebelumnya simak penjelasan mengenai mainan remote control.

Pengertian mainan Remote Control

Mainan remote control adalah jenis mainan yang menggunakan alat bantu untuk mengendalikan mainan dari jarak jauh. Cara mengendalikannya adalah menggunakan gelombang bunyi yang terdapat pada baterai.

Karena saat ini banyak jenis dan merk yang di jual dipasaran sebaiknya Anda lebih teliti dan cermat memilih mainan remote control. Perhatikan fitur dan kualitasnya, jangan sampai Anda menyesal setelah membeli karena fiturnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan atau ternyata mainan terbuat dari bahan yang mudah rusak.

Manfaat Mainan Remote Control

Sekarang sudah banyak jenis mainan yang menggunakan remote control, seperti: mobil-mobilan, robot-robotan dsb. Ada banyak manfaat yang dirasakan dan didapatkan dari jenis permainan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Mempertajam Keterampilan Dan Ketangkasan

 

Saat bermain remote control secara otomatis akan melatih ketangkasan dan keterampilan dalam hal mengendalikan mainan tersebut. Ketangkasan yang dimaksud adalah saat menerbangkan helicopter, waktu belok, maju dan mundur.

 

  • Melatih Parsial

 

Bermain helicopter remote control bisa melatih kemampuan parsial yaitu mengetahui perbedaan kanan dan kiri. Biasanya anak-anak sering tertukar antara kanan dan kiri.

 

  • Melatih Kemampuan Koordinasi

 

Saat bermain remote control kemampuan koordinasi, khususnya indera penglihaan dan motorik halusnya lebih terkoordinasi. Misalnya; saat sedang menerbangkan pesawat lalu akan menabrak benda yang ada di depannya, otak aan langsung mengendalikan jari dengan merubah arah pesawat.

 

  • Melatih Memecahkan Masalah

 

Manfaat lainnya yang bisa didapat dari permainan ini adalah berlatih memecahkan masalah dan lebih kreatif. Misalnya: memikirkan teknik dan strategi menerbangkan pesawat agar benda yang di depannya tidak tertabrak.

Itulah beberapa manfaat dari permainan helicopter remote control yang bisa Anda dapatkan atau rasakan. Setelah mengetahui manfaat tersebut kita bisa mengetahui jenis mainan ini cocok dimainkan untuk anak-anak.

Agar permainan lebih menyenangkan dan leluasa, sebaiknya mainkan di halaman atau tempat yang luas. Dampingi anak saat bermain dan tetap awasi. Agar mainan bertahan lama alias awet , usahakan menghindari menabrak-nabrakan mainan dengan benda lain. Selain itu untuk keamanan sebaiknya jauhkan mainan helicopter RC dari air, karena mainan ini termasuk ke dalam jenis mainan elektronik, jika basah dikhawatirkan terjadi konsleting.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *