Home » Mainan » Mainan Kayu Menjadi Pilihan yang Lebih Awet dan Ekonomis untuk Anak

Mainan Kayu Menjadi Pilihan yang Lebih Awet dan Ekonomis untuk Anak

Bagi orangtua, kira-kira berapa jumlah mainan yang dimiliki oleh si kecil di rumah? Tentu sangat banyak, sebab seiring bertambahnya usia anak maka semakin bertambah pula mainan yang dimilikinya. Beberapa dibelikan oleh orangtua, ada pula yang merupakan hadiah entah dari kerabat ataupun sanak saudara yang kebetulan dekat dan berkeinginan memberi mainan. Bermain bagi seorang anak memang mendatangkan segudang manfaat maka pilihkan mainan dengan cermat. Selain edukatif, baiknya pilih mainan dari bahan tertentu sebut saja seperti mainan kayu.

Kelebihan Mainan dari Material Kayu

Mainan satu ini sesuai dengan namanya memang terbuat dari material kayu, namun jangan anggap remeh. Meski kayu, namun oleh pembuatnya dibuat dengan desain yang unik dan juga menarik sehingga tidak kalah dengan mainan bahan lain. Membelikan mainan berbahan kayu ternyata memberi kelebihan tersendiri, berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat anak banyak bergerak,

Mainan dari bahan kayu mendorong anak untuk berpikir bagaimana memainkannya dan membentuk mainan sesuai dengan yang seharusnya. Otomatis mainan dari bahan ini membuat si kecil lebih aktif bergerak dan baik untuk kesehatan. Bandingkan dengan mainan plastik yang tinggal tekan tanpa perlu berpikir sudah bisa dimainkan.

  • Menghindari kontak bahan kimia,

Menggunakan mainan kayu bagi anak-anak tentu menjadi pilihan yang lebih sehat, sebab selain anak lebih aktif bergerak. Mainan dari bahan alam ini tentu bebas dari kandungan bahan kimia yang tentu efeknya kurang baik. Kadang kala efek tidak menguntungkan ini baru bisa dirasakan ketika sudah cukup lama, Anda tentu tidak ingin mengambil resiko bukan? Maka, pertimbangkan belanja mainan si kecil dari bahan kayu dijamin akan menemukan pilihan yang banyak.

  • Jauh lebih ramah lingkungan,

Mainan yang terbuat dari bahan alami seperti kayu ini tentu menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan. Menyediakannya di rumah untuk dimainkan si kecil tentu menjadi pilihan yang tepat dan menyehatkan lingkungan. Bandingkan dengan mainan dari bahan plastik yang proses pembuatannya sudah mengandung unsur kimia. Ditambah lagi dengan adanya pemakaian baterai, padahal baterai ini tidak bisa diurai saat dibuang ketika habis dipakai. Nah, jadikan si kecil mencintai lingkungan dengan mainan berbahan kayu saja.

  • Pilihan yang lebih awet dan ekonomis,

Ketika Anda menyediakan mainan plastik bagi si kecil maka dijamin akan memiliki umur terbatas, apalagi jika si kecil belum bisa memainkannya. Bisa jadi mainan ini akan di banting dan dilempar kesana-kemari tidak tentu. Nah, jadikan mainan berbahan kayu sebagai alternatif pengganti mainan plastik. Meski simpel dan manual namun memberi kelebihan lebih awet sebab ketika rusak sangat memungkinkan diperbaiki. Selain itu harga mainan kayu pun cenderung lebih murah, namun bergantung pada jenis kayu yang dipakai.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *