Home » Mainan » Macam-Macam Boneka Khas Dunia

Macam-Macam Boneka Khas Dunia

Boneka dikenal sebagai mainan anak-anak. Namun sebenarnya, boneka juga memiliki kaitan dengan kebudayaan suatu negara. Berikut adalah beberapa boneka yang khas dari beberapa bagian dunia :

  • Amerika Serikat
  • Teddy Bear

Siapa yang tidak tahu dengan boneka Teddy Bear? Boneka beruang dengan senyum manis ini banyak ditemukan menghiasi rak boneka di toko-toko mainan. Nama Teddy sendiri diambil dari nama panggilan presiden Amerika Serikat ke-26, Theodore Roosevelt. Pada tahun 1902, Roosevelt melakukan perburuan di Mississippi. Selama 3 hari, tak satupun beruang tampak. Saat akhirnya melihat anak beruang, pemandu perburuan pun menangkap dan mengikatnya. Namun Roosevelt menolak untuk menembak beruang tersebut. Ia merasa hal tersebut tidak sportif. Hal ini menjadi berita di koran-koran. Seorang pemilik toko permen yang mengetahui hal itu meminta istrinya membuat sebuah boneka beruang dan meminta ijin kepada Sang Presiden untuk menamakan beruang tersebut Teddy’s bear.

  • Boneka Barbie

Barbie sendiri merupakan merek dagang dari boneka yang di buat oleh Mattel, Inc. Boneka ini pertama kali di kenalkan pada tahun 1959 dan langsung mendapat respon yang sangat baik di pasar Amerika. Selang bertahun-tahun lamanya boneka ini semakin di gemari dan sudah di ekspor ke berbagai belahan dunia. Setiap beberapa tahun boneka barbie ini di keluarkan varian baru dengn berbagai tema, misal seperti tema pantai, kanto dan sebagainya. Saking banyaknya yang jatuh cinta dengan boneka ini ada seorang wanita bernama Bettina Dorfmann yang mengkoleksi 15.000 boneka barbie dan tercatat dalam buku Guiness Book Of Record sebagai koleksi boneka Barbie terbanyak.

  • Rusia
  • Matryoshka

Boneka khas Rusia ini dapat dibuka menjadi bagian atas dan bawah kemudian diisi dengan boneka-boneka yang lebih kecil. Nama “matryoshka” diambil dari nama “Matriona” yang saat itu sangat populer di Rusia. Nama ini berasal dari bahasa Latin, “mater”, yang berarti ibu. Nama Matriona mencitrakan seorang ibu dari satu keluarga besar yang sehat dan berperawakan besar. Hingga kini, boneka Matryoshka menjadi lambang keibuan dan kesuburan. Matryoshka pertama dipahat oleh Vassily Zviozdochkin dan dilukis oleh Sergey Maliutin. Terdiri dari 8 buah, Matryoshka paling luar berupa sosok gadis yang membawa ayam hitam. Bagian dalamnya berupa sosok anak laki-laki dan perempuan, serta sosok bayi sebagai boneka yang paling dalam.

  • Perancis
  • Boneka Bisque

Tidak seperti boneka pada umumnya boneka ini di buat dari bahan porselain. Ciri khas dari boneka bisque ini adalah bentuknya yang selalu berupa manusia yang di buat sedemikian rupa sehingga terlihat realistis, mulai dari pakaian, sepatu dan rambut. Jadi kamu tidak akan menemukan boneka Bisque yang berupa hewan ataupun dalam bentuk boneka lucu lainya. Boneka ini sangat populer di eropa pada tahun 1860 sampai perang dunia I. Saat ini boneka Bisque masih di produksi, tetapi ada beberapa boneka yang menjadi barang koleksi, khususnya yang berasal dari tahun 1900an.

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *