Home » Koleksi Barang » Macam-macam Action Figures dari Tokoh Anime Atau Manga Jepang

Macam-macam Action Figures dari Tokoh Anime Atau Manga Jepang

Belakangan ini, figur aksi alias action figures menjadi sangat populer di kalangan anak-anak muda. Yaitu sejenis mainan dengan bentuk karakter atau tokoh-tokoh fiksi maupun real yang terbuat dari plastik atau material tertentu. Figur aksi memang dibuat untuk mainan anak laki-laki, namun belakangan ini anak-anak muda hingga orang dewasa menggandrungi mainan ini untuk dijadikan koleksi. Pada dasarnya figur aksi dibuat untuk melambangkan sifat “maskulin”. Namun dewasa ini, kita tak hanya menjumpai figur aksi dengan tokoh-tokoh yang maskulin, melainkan juga feminin.

Tidak sulit untuk menemukan berbagai jenis figur aksi, mulai dari yang berbentuk tokoh superhero seperti Superman, Batman, Spiderman, Iron Man dan sebagainya, hingga yang berbentuk tokoh-tokoh anime seperti Naruto, One Piece, Bleach, Dragon Ball. Ada juga yang berbentuk tokoh-tokoh dunia seperti Michael Jackson. Kali ini yang akan diulas adalah macam-macam figur aksi dari tokoh anime atau manga yang ada di Jepang. Di antaranya adalah Nendoroid, Figma, SHF dan SIC:

  • Nendoroid.

Dilihat secara sekilas, Nendoroid merupakan sejenis figur aksi yang memiliki keunikan tersendiri. Kepala karakter Nendoroid didesain lebih besar daripada badannya. Sehingga lebih mirip seperti karakter chibi. Figur aksi ini sarar dengan kesan moe (imut), ekspresi yang dimiliki oleh 1 item Nendoroid juga bermacam-macam. Tinggi Nendoroid sendiri sekitar 10 cm. Untuk urusan harga, Nendoroid dibanderol dengan harga di atas 300 ribu dan bisa jadi lebih mahal lagi tergantung kapan di rilisnya atau tingkat kelangkaannya (rare). Action figures ini juga dapat dibongkar pasang semua bagiannya, mulai dari ujung kepala sampai kakinya dapat dilepas dan dipadupadankan dengan Nendo lainnya.

  • Figma.

Figma merupakan figur aksi dari Jepang yang kebanyakan karakternya berasal dari karakter Bishoujo yang ada pada anime-anime Jepang dan seringnya merupakan bentuk dari tokoh-tokoh yang sudah tampil di film anime maupun game Jepang. Figma terdiri dari beberapa kategori berdasarkan edisinya. Yaitu edisi normal dengan 3 digit angka, edisi spesial yang didahului dengan kode SP dan biasanya terbundle dengan DVD, manga ataupun game-nya. Terakhir ada edisi terbatas (limited) dengan 3 digit angka yang didahului dengan kode EX dan biasanya figur aksi ini dijual saat ada acara-acara tertentu.

  • Simple Heroic Figure (SHF) dan Super Imaginative Chogokin (SIC).

SHF merupakan standar baru pada figur aksi yang dipersembahkan oleh Bandai dengan teknologi desain dan dirancang mirip dengan bentuk tubuh dan mimik wajah manusia. Tinggi action figures ini biasanya sekitar 14 cm. Sedangkan SIC merupakan seri figur aksi yang indah, diciptakan oleh Takayuki Takeya serta Kenji Ando memiliki 4 prinsip yaitu bahan baru, kualitas yang tinggi, nilai mainan serta orisinalitas.

 

Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *